Kapten Nemo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kapten Nemo adalah tokoh sentral dalam cerita 20.000 Mil di Bawah Permukaan Laut karangan Jules Verne.

Diceritakan bahwa Kapten Nemo adalah nakhoda dari kapal selam bernama Nautilus yang mengembara ke seluruh ujung samudera.

Kapten Nemo ( / ˈ n iː m oʊ / , yang kemudian diidentifikasi sebagai India Timur, Pangeran Dakkar ), adalah karakter fiksi yang diciptakan oleh novelis Prancis Jules Verne (1828–1905). Nemo muncul dalam dua klasik fiksi ilmiah Verne, Twenty Thousand Leagues Under the Seas (1870) dan The Mysterious Island (1875). Dia juga membuat penampilan cameo dalam sebuah drama di mana Verne mungkin telah berkolaborasi, Journey Through the Impossible (1882). Nemo adalah sosok misterius. Meskipun awalnya berkebangsaan yang tidak diketahui, dia kemudian digambarkan sebagai putra seorang raja India Timur. Seorang visioner ilmiah, ia menjelajahi kedalaman laut di kapal selamnya , Nautilus , yang dikumpulkan dari bagian-bagian yang diproduksi di beberapa negara yang berbeda, kemudian dikirim ke alamat sampul. Kapten dikonsumsi oleh kelaparan untuk membalas dendam dan kebencian terhadap imperialisme ; Kerajaan Inggris pada akhirnya terungkap sebagai antagonis utamanya.

Nemo telah muncul dalam berbagai film adaptasi novel Verne, di mana ia telah diperankan oleh aktor terkenal seperti James Mason , Herbert Lom , Naseeruddin Shah , Michael Caine . Dia juga telah dipilih oleh penulis lain untuk novel mereka sendiri, termasuk Alan Moore 's League of Extra Gentlemen , Philip José Farmer , The Other Log of Phileas Fogg , Kapten Kevin J. Anderson Nemo: The Fantastic History of a Dark Genius , The Secret Sea karya Thomas F. Monteleone dan The Great Eastern dari Howard Rodman .