Kapi (alat)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pisau dempul digunakan untuk kaca jendela

Pisau dempul atau kapi adalah alat khusus yang digunakan saat melapisi tembok suatu bangunan, jendela kaca tunggal, rangka kayu atau untuk mengerjakan dempul di sekitar tepi setiap panel kaca. Ahli kaca berpengalaman akan mengoleskan dempul dengan tangan, lalu menghaluskannya dengan pisau. Alat ini pula dapat dipergunakan untuk mengoleskan plamir, membersihkan kotoran yang mengerak, dan sebagainya.[1]

Kapi dengan bilah kaku, biasanya 1 tebal mm atau 0,040", cocok untuk menggores. Pisau dengan bilah fleksibel, biasanya 0,5 tebal mm atau 0,020", cocok untuk disebar. Karena sifat konduktif dari bilah logam, bilah logam harus dijauhkan dari komponen listrik.

Kapi sekali pakai, dengan gagang dan bilah yang dibentuk dari satu bagian plastik, cocok untuk pekerjaan sesekali seperti menyebarkan aspal untuk menambal atap atau mencampur dua bagian perekat, menghindari pembersihan yang melelahkan yang mungkin melibatkan pelarut berbahaya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata kapi". Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud. KBBI Daring. Diakses tanggal 13 Februari 2024.