Kapal penjelajah kelas Condottieri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kapal penjelajah kelas Condottieri adalah salah satu kelas dari lima kelas penjelajah ringan milik Regia Marina (Angkatan Laut Italia). Mereka dibangun sebelum Perang Dunia II dengan tujuan untuk mendominasi Laut Mediterania. Kelas ini diberi nama berdasarkan nama Komandan Militer Italia, Condottieri.

Kapal-kapal dikelas ini mulai dibangun dari tahun 1928 hingga 1937 dan ditugaskan untuk pertama kalinya pada tahun 1931. Semua kapal pada kelas ini ditugaskan di Mediterania selama Perang Dunia II. Namun, hanya 6 kapal yang bertahan hingga akhir perang.

Setelah berakhirnya perang, Eugenio di Savoia dan Emanuele Filiberto Duca d'Aosta diberikan kepada Angkatan Laut Yunani dan Angkatan Laut Soviet sebagai bahan reparasi, Luigi Cadorna segera dibebastugaskan, Raimondo Montecuccoli menjadi kapal pelatihan, dan subkelas Duca degli Abruzzi bertugas di Marina Militare (Angkatan Laut Italia) hingga tahun 1970-an, dan Giuseppe Garibaldi menjadi kapal penjelajah rudal pertama di Eropa pada tahun 1961.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]