Kapal dukungan tempur cepat kelas Supply

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kapal dukungan tempur cepat kelas Supply adalah kelas dari empat kapal pasokan Angkatan Laut Amerika Serikat yang digunakan untuk refuel, mempersenjatai kembali, dan kapal memperlengkapi di Angkatan Laut Amerika Serikat di kedua samudra Atlantik dan Pasifik. Kapal ini panjangnya 229,8 m, daya terpasang 105.000 hp (78 MW), tenaga penggerak : empat mesin turbin gas General Electric LM2500, dua Baling-baling, dan kecepatannya 25 knot (46 km/jam).

Kapal ini adalah satu-satunya kapal pemasok Angkatan Laut AS yang mampu bergabung dengan kelompok serangan, namun karena biaya mereka untuk pengoperasian, Angkatan Laut bermaksud untuk mempensiunkan mereka mulai pada tahun 2014. Kapal kelas Supply yang dibangun dengan standar tempur militer.[1][2][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ USNS Supply-class Factsheet[pranala nonaktif permanen]
  2. ^ CAVAS, CHRISTOPHER P. (12 July 2014). "Big Supply Ships May Get Reprieve - For Now". www.defensenews.com. Gannett Government Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-26. Diakses tanggal 20 July 2014. 
  3. ^ "AOE 6 Supply Fast Combat Support Ship". fas.org. Diakses tanggal 13 October 2017. The AOE 6 class ships, which are built to a MIL-SPEC combatant standards design, and have survivability features (i.e., shock, blast, etc.) equivalent to other ships in the CVBG, significantly extends the endurance of the CVBG for combat operations.