Kapal Selam Jantina Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jantina adalah salah satu dari tujuh kapal selam kelas Argonauta yang dibuat untuk Regia Marina (Angkatan Laut Kerajaan Italia) pada awal tahun 1930-an. Jantina ikut serta dalam Perang Saudara Spanyol tahun 1936–1939 mendukung Nasionalis Spanyol, dan kemudian tenggelam saat Perang Dunia II.[1]

Desain dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kelas Argonauta berasal dari kapal selam kelas Squalo[2] dengan ukuran 660 metrik ton (650 long ton) saat berada di permukaan dan 813 metrik ton (800 long ton) saat terendam. Kapal selam ini memiliki panjang 61,5 meter (201 ft 9 in), lebar 5,7 meter (18 ft 8 in) dan sarat air 4,7 meter (15 ft 5 in). Kedalaman penyelaman operasional 80 meter (260 kaki). Awak kapal berjumlah 44 perwira dan tamtama.

Kapal didukung oleh dua mesin diesel berkekuatan 750 rem-tenaga kuda (559 kW), masing-masing menggerakkan satu poros baling-baling. Saat terendam, setiap baling-baling digerakkan oleh motor listrik berkekuatan 400 tenaga kuda (298 kW). Kecepatannya bisa mencapai 14 knot (26 km/jam; 16 mph) di permukaan dan 8 knot (15 km/jam; 9,2 mph) di bawah air. Di permukaan, kelas Settembrini memiliki jangkauan 5.000 mil laut (9.300 km; 5.800 mil) dengan kecepatan 8 knot (15 km/jam; 9.2 mph). Saat terendam, memiliki jangkauan 110 mil laut (200 km; 130 mil) dengan kecepatan 3 knot (5,6 km/jam; 3,5 mph).

Kapal-kapal tersebut dipersenjatai dengan enam tabung torpedo berukuran 53,3 sentimeter (21 inci), empat di haluan dan dua di buritan yang membawa total 12 torpedo. Kapal juga dipersenjatai dengan satu meriam dek 102 milimeter (4 inci) di depan menara komando untuk pertempuran di permukaan. Persenjataan antipesawat kapal terdiri dari dua senapan mesin tunggal berukuran 13,2 milimeter (0,52 inci).

Konstruksi dan karier[sunting | sunting sumber]

Jantina diresmikan oleh Odero-Terni-Orlando di galangan kapal Muggiano pada tahun 1930, diluncurkan pada tanggal 15 Juni 1932 dan selesai pada tahun berikutnya. Selama Perang Saudara Spanyol, kapal melakukan satu patroli di lepas pantai Barcelona pada 12-27 Agustus 1937, tetapi gagal menyerang kapal perusak Partai Republik dengan sepasang torpedo. Kapal perusak tersebut juga tidak berhasil menyerang kapal selam Jantina. Kapal ini ditenggelamkan oleh torpedo pada tanggal 5 Juli 1941, oleh HMS Torbay; hanya enam awak yang selamat dari 48 awak Jantina. Bangkai kapalnya ditemukan pada November 2021 di dekat Mykonosr.

Penemuan bangkai kapal[sunting | sunting sumber]

Tim Penyelam Blue Planet menemukan Jantina menggunakan ROV Super Achille di selatan Mykonos pada kedalaman 103 m.  Blue Planet – Layanan ROV dipimpin oleh Kostas Thoctarides.  Tim spesialisasi dalam proyek bawah air dengan layanan di lingkungan perairan laut dan air tawar.  Saat ini memiliki armada 9 ROV yang diproduksi oleh Comex dengan armada mencakup satu M3 Achille, tiga M4 Achilles, dan lima Super Achilles.  Layanan ini memiliki bengkel kecil untuk perawatan rutin dan modifikasi kecil sesuai kebutuhan.[3]

Semua ROV berada dalam kondisi baik, sebagian dengan model Super Achille yang dilengkapi dengan sonar dan manipulator Tritech.  Terdapat EdgeTech ORE USBL di dalamnya, dengan cakupan operasional sekitar 1.000 m dan akurasi 0,5 m.  ROV observasi/intervensi cahaya ini sebagian besar digunakan untuk pekerjaan inspeksi dan biasanya dioperasikan dari kapal kecil Oceanis.  Kapal ini dinamai menurut nama putri Thoctarides, sebagai kapal induk bagi ROV.

Sebelumnya, Thoctarides bertugas di dewan Museum Maritim Nasional Yunani dan telah menulis buku tentang kapal karam di Laut Mediterania.  Dia menggabungkan pekerjaan dengan hobinya, dan Jantina adalah kapal selam keempat yang dia temukan, yang lainnya adalah kapal selam Inggris, Yunani, dan Jerman. Awalnya, Thoctarides dan timnya mengunjungi daerah yang terletak di tenggara Mykonos  untuk melakukan pekerjaan inspeksi pada kabel serat optik bawah laut yang mengalami kerusakan ringan.

Saat proses penemuan kapal selam Jantina, jarak pandang di dalam air yaitu 10 dan 30 m.  Sulit untuk melihat kapal selam pada kedalaman 100 m dengan jelas, tetapi di kawasan ini keadaan air jernih.  Permasalahan yang terjadi di kawasan tersebut adalah angin di permukaan kencang yang datang dari arah utara.  Tempat ini terkenal untuk selancar angin.  Meskipun arus dan gelombang kuat, jarak pandang tetap terlihat. Tim menggunakan Super Achilles ROV untuk mendeteksi bangkai kapal dengan sonar pencitraan yang berfungsi untuk mengenali target. Area bawah merupakan permukaan yang datar sehingga target terlihat dengan besar dan jelas.  Tim Blue Planet memeriksa dan mengenali menara serta layar kapal selam yang membawa senjata.  Jantina adalah satu-satunya target kapal selam yang hilang di area tersebut. Kemudian tim membandingkan gambar dari video dengan foto dan catatan sejarah untuk memastikan keduanya cocok.

Volume kapal selam diidentifikasi menggunakan Sonar pencitraan Tritech dari Super Achille ROV, dengan inspeksi visual mendetail dan perekaman video, sebelum diidentifikasi sebagai kapal selam Italia Jantina.  Kapal selam terletak di dasar laut, di sisi kiri – dengan menara dan meriam dek 102 mm – yang terlihat.  Periskop diturunkan, tetapi lubang turet terbuka.  Sebagian haluan telah terputus dari bagian kapal selam lainnya.  Bangkai kapal dan daerah sekitarnya dianggap sebagai kuburan perang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Greek divers discover Italian World War Two submarine wreck". Reuters (dalam bahasa Inggris). 2021-12-29. Diakses tanggal 2023-12-06. 
  2. ^ "uboat.net - Italian submarines". uboat.net. Diakses tanggal 2023-12-07. 
  3. ^ "Ocean Robotics Planet Magazine Issue 30 by Ocean Robotics Planet (formerly ROV Planet) - Issuu". issuu.com (dalam bahasa Inggris). 2022-02-15. Diakses tanggal 2023-12-06.