Kapal Choctaw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kapal Choctaw atau SS Choctaw merupakan sebuah kapal pemuat barang yang berlapis baja milik Amerika yang beroperasi tahun 1892 hingga 1915, tepatnya di Great Lakes, Amerika Utara. Kapal Choctaw dibuat pada tahun 1892 oleh Cleveland Shipbuilding Company di Cleveland, Ohio. Kapal ini dimiliki oleh perusahaan yang bernama Lake Superior Iron Company. Lalu, kapal ini dijual ke Perusahaan Besi Cleveland-Cliffs pada tahun 1894 dan menghabiskan sisa masa kerjanya disana[1].

Pencarian[sunting | sunting sumber]

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Pejabat Suaka Laut Nasional Thunder Bay mengatakan, baru-baru ini mengkonfirmasi identitas kapal barang (kayu) Ohio dan kapal uap berlambung baja Choctaw. Para peneliti dari cagar alam federal yang berpusat di Alpena, Michigan, menemukan apa yang mereka yakini sebagai kapal tersebut selama ekspedisi di bulan Mei.

Para pejabat mengatakan bahwa akan merencanakan ekspedisi di masa depan ke Ohio sepanjang 202 kai, dan Choctaw sepanjang 266 kaki, yang menurut para pejabat kapal-kapal ini terpelihara dengan baik di perairan tawar dingin di bagian atas Great Lakes. Para pejabat juga bermaksud menominasikan bangkai kapal tersebut untuk dicantumkan dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional atau the National Register of Historic Places[2].

Akhir dari Penemuan[sunting | sunting sumber]

Sebagai bagian dari hibah OER NOAA yang diberikan kepada cagar alam tersebut, para peneliti dari Universitas Delaware, Lab Penelitian Lingkungan Great Lakes NOAA, dan Suaka Laut Nasional Thunder Bay NOAA melakukan proyek survei eksplorasi berskala besar di dekat Presque Isle, Michigan. Memperluas survei yang dipimpin oleh suaka yang dilakukan pada tahun 2008 dan 2011, tim ini mencakup 94 mil persegi dasar danau yang belum dijelajahi menggunakan echosounder pengukur fase EdgeTech 6205 dengan kombinasi batimetri dan citra sonar pemindaian samping. Selama kampanye lapangan ini, tim menemukan dua anomali akustik yang tampaknya merupakan bangkai kapal yang belum ditemukan; pada saat mereka ditetapkan sebagai 'Target 1' dan 'Target 2.'

Pada hari Selasa tanggal 23 Mei 2017, target-target ini, yang sekarang diyakini sebagai sisa-sisa Ohio dan Choctaw, pertama kali dilihat oleh para peneliti. Tim Dr. Art Trembanis dari Universitas Delaware membuat katalog setiap situs dengan instrumentasi sonarnya, dan pada bulan Juni, tim yang dipimpin NOAA kembali bersama Dr. Guy Meadows dari Michigan Technological University. Dengan menggunakan AUV yang dilengkapi sonar, tim mensurvei setiap target dengan lebih detail.

Di 'Target 1', sisa-sisa kapal curah kayu, yang menurut catatan sejarah kemungkinan besar adalah Ohio, divisualisasikan untuk menunjukkan rumah pilot, palka kargo, struktur buritan, tiang dan tali-temali, serta lokasi puing-puing setempat. Meskipun banyaknya rincian yang terungkap di 'Target 1', target kapal karam lainnya. 'Target 2' terbukti sulit untuk dikarakterisasi. Berdasarkan survei AUV lanjutan yang terungkap, kapal itu terbalik dan sebagian terkubur di dasar danau. Oleh karena itu, dibutuhkan data bawah air tambahan. Untuk tujuan ini, suaka tersebut bermitra dengan Northwestern Michigan College untuk menggunakan ROV mereka untuk penyelidikan lokasi lebih lanjut. Secara khusus, informasi dibutuhkan dari bawah ‘Target 2’ dimana sonar tidak dapat memindai. Ini adalah area dimana fitur diagnostik akan diamati.

Mengunjungi ‘Target 2’ terlebih dahulu, rekaman video dari misi ROV sungguh menakjubkan. Ciri khas desain punggung lurus, atau punggung paus yang dimodifikasi, terlihat jelas. Lusinan fitur yang ditunjukkan dalam rencana pembuatnya terlihat. Kabin dek buritan, mesin, dan peralatannya sama persis dengan catatan sejarah termasuk rencana teknik dan foto. Untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu abad, sisa-sisa Choctaw akhirnya terlihat oleh mata manusia. Setelah kunjungan ke 'Target 2', tim ROV mengunjungi 'Target 1' untuk dokumentasi tambahan. Di sini sekali lagi, beberapa ciri dicatat yang sesuai dengan informasi sejarah. Dalam hal ini, gambaran sejarah Ohio menunjukkan kemiripan yang besar dengan situs bangkai kapal yang baru ditemukan. Keduanya memiliki tiga tiang, ukuran dan dimensi keseluruhan serupa, fitur ruang kemudi serupa, dan keduanya dibangun dari kayu. Di kedua lokasi, informasi yang direkam selama pengoperasian sonar dan ROV mendukung penilaian yang meyakinkan bahwa masing-masing lokasi dapat diidentifikasi dengan tepat[3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "SS Choctaw". Military Wiki (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-31. 
  2. ^ Karoub, Jeff. "Two century-old shipwrecks discovered in Lake Huron". The Detroit News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-31. 
  3. ^ US Department of Commerce, National Oceanic and Atmospheric Administration. "Pushing the Boundaries: Technology-driven Exploration of Thunder Bay National Marine Sanctuary: Background: Summary - Final: NOAA Office of Ocean Exploration and Research". oceanexplorer.noaa.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-03-31.