Kantor Filateli dan Numismatik Negara Kota Vatikan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mesin penjual prangko di Layanan Pos Vatikan

Kantor Filateli dan Numismatik Negara Kota Vatikan (bahasa Italia: Ufficio Filatelico e Numismatico), yang dikelola oleh Poste Vaticane, bertanggung jawab atas menerbitkan prangko pos Vatikan dan Koin Vatikan.

Kantor ini didirikan pada tanggal 11 Februari 1929 saat negara tersebut didirikan, dan menerbitkan perangko pos pertama negara tersebut pada tanggal 1 Agustus tahun yang sama.[1] Meskipun prangko Vatikan hanya dapat digunakan di Negara Kota Vatikan dan jumlah koin euro dibatasi oleh perjanjian dengan Italia (nilai total semua koin dicetak pada tahun 2002 dibatasi hingga €310.400),[2] Koin dan perangko Vatikan berfungsi sebagai tanda penting kedaulatan Vatikan, dan kelangkaannya serta desain membuatnya populer di kalangan kolektor. Para kolektor sangat menghargai set koin tahunan dengan sirkulasi kecil, serta koin yang belum diterbitkan secara resmi dari tahun 1938.

Ketertarikan masyarakat terhadap mata uang dan prangko Vatikan dianggap cukup untuk membenarkan didirikannya Museum Filateli dan Numismatik (Il Museo Filatelico e Numismatico) yang telah dibuka sebagai bagian dari Museum Vatikan pada tahun 2007.[3] Dua prangko khusus tentang museum dikeluarkan pada pembukaan museum.

Koin Euro yang diterbitkan oleh Vatikan dicetak oleh Istituto Poligrafico e Zecca dello Stato (Percetakan Uang Negara Italia).[4]

Pada tahun 2017, Vatikan memperingati 500 tahun Reformasi Protestan dengan menerbitkan prangko bergambar Martin Luther.[5][6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Definitif Awal". Perkumpulan Filateli Vatikan. Diarsipkan dari vc.htm versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 11 Desember 2007. 
  2. ^ #EURO%20VATICANO "Euro Vaticano" Periksa nilai |url= (bantuan). Sala Stampa della Santa Sede. Diakses tanggal 2007-08-14. 
  3. ^ Museum baru Diarsipkan 2007-08-25 di Wayback Machine.
  4. ^ "Artikel 5". Perjanjian Moneter antara Uni Eropa dan Negara Kota Vatikan. Negara Kota Vatikan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-05. 
  5. ^ -city/news/2017-11/vatican-releases-postage-stamps-on-reformation--st--francis-of-s.html "Vatikan merilis prangko tentang Reformasi, Santo Fransiskus Penjualan - Vatican News" Periksa nilai |url= (bantuan). 
  6. ^ Anniversary/ "Perangko terbitan Vatikan yang menampilkan peringatan Martin Luther untuk Reformasi" Periksa nilai |url= (bantuan). 26 November 2017.