Kano (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kano
Poster rilis teatrikal'
SutradaraUmin Boya
ProduserWei Te-Sheng
Jimmy Huang
Ditulis olehWei Te-Sheng
Chen Jia-wei
PemeranMasatoshi Nagase
Yu-Ning Tsao
Hsing-Chen Yeh
Togo Igawa
Maki Sakai
Takao Osawa
Tenma Shibuya
Aoki Ken
Rose Yu
Penata musikNaoki Satō
SinematograferChin Ting-chang
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
  • 27 Februari 2014 (2014-02-27)
Durasi180 menit
NegaraTaiwan
BahasaHokkien
Jepang
Hakka
Formosan
AnggaranNT250 juta

Kano adalah sebuah film drama sejarah asal Taiwan bertema bisbol produksi tahun 2014 yang disutradarai oleh Umin Boya dan diproduksi oleh Jimmy Huang dan Wei Te-sheng, berdasarkan kisah nyata yang menggambarkan multiras Tim bisbol Kano dari Taiwan era Jepang, mengatasi peluang ekstrem untuk mewakili pulau itu pada Kejuaraan Bisbol Sekolah Menengah Atas Jepang 1931 di Stadion Koshien (terletak di Nishinomiya, Prefektur Hyogo). Tampil di luar ekspektasi, tim yang diunggulkan melaju ke pertandingan kejuaraan di turnamen tersebut.[1][2]

Film tersebut dibintangi oleh Masatoshi Nagase sebagai Hyotaro Kondo, yang melatih tim sekolah menengah multi-etnis underdog yang terdiri dari pemain Aborigin Taiwan, Han Taiwan dan Jepang. Pelempar bintang tim, Meisho "Akira" Go, diperankan oleh Yu-Ning Tsao, yang memenangkan penghargaan Aktor Pendukung Terbaik di Festival Film Taipei 2014 untuk penampilannya dalam film.

Film ini juga memenangkan Audience Awards dari Golden Horse Film Festival (juga turut memenangkan FIPRESCI Prize), Festival Film Taipei dan Festival Film Asia Osaka. Kano menyabet gelar film domestik Taiwan terlaris ke-6 sepanjang masa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kano. Yahoo Taiwan. Retrieved 30 January 2014.
  2. ^ Japanese actors happy to appear in Taiwan baseball film 'Kano'

Pranala luar[sunting | sunting sumber]