Kanjozoku

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kanjozoku (環状族, かんじょうぞく) adalah sebuah komunitas pecinta otomotif yang biasa balapan di Jalur Lingkar Osaka (Jalan tol Hanshin).

Kelompok ini sudah ada sejak tahun 1980-an dan berfokus pada salah satu seri mobil keluaran Honda, yaitu Civic. Walaupun ada juga mobil dengan merk lainnya seperti Nissan dan Toyota.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Para anggota Kanjozoku biasanya berkumpul pada jam 23.00 keatas waktu setempat dan pulang maksimal pukul 04.00 pagi. Yah, mereka juga manusia biasa yang harus bekerja di siang hari. Di siang hari mereka adalah pekerja biasa, malamnya mereka adalah predator ganas yang siap menerkam mangsanya.

Pada saat masuk gerbang tol, biasanya mereka mengikuti truk, kadang sendirian, kadang ada juga yang mengantri sampai beberapa mobil. Jaraknya sangat berdempetan sehingga palang tidak bisa ditutup. Tujuannya agar dapat masuk jalan tol dengan gratis.

Kanjozoku juga suka "bercanda" dengan para polisi. Jika dikejar, dengan santainya mereka menggiring polisinya kemanapun. Karena biasanya polisi di Jepang tidak akan mengejar mobil dengan kecepatan lebih dari 180km/jam.

Jaman sekarang[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya para pembalap liar lainnya, jumlah kelompok ini pun semakin menyusut. Namun demikian, sekarang para polisi Jepang sering mengadakan razia yang disebut "Parade Tahun Baru" (正月パレード) dengan menutup satu jalur pada jalan dengan dua jalur dan melakukan pemeriksaan secara de facto.

Manga buatan Minami Katsuhisa berjudul "Naniwa Tomoare" adalah manga yang menggambarkan masa kejayaan Kanjozoku, yang ditulis berdasarkan pengalaman nyata sang penulis yang merupakan pembalap liar.