Kampanye militer Lajos yang Agung di Napoli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kampanye militer Lajos yang Agung di Napoli
Tanggal1347 – 1352
LokasiKerajaan Napoli, Italia Selatan
Hasil Status quo ante bellum
Pihak terlibat
Coa Hungary Country History (19th Century).svg Kerajaan Hongaria Flag of the Kingdom of Naples.svg Kerajaan Napoli
Tokoh dan pemimpin
Lajos I dari Hongaria
István Lackfi
András Lackfi
Miklós Kont
Miklós Toldi
Luigi dari Taranto

Kampanye militer Lajos yang Agung di Napoli, juga disebut Petualangan Napoli (Nápolyi kaland dalam bahasa Hongaria) adalah perang yang berlangsung antara Kerajaan Hongaria yang dipimpin oleh Raja Lajos yang Agung melawan Kerajaan Hongaria. Perang ini berlangsung dari tahun 1347 hingga 1352.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1343, Raja Napoli Roberto I yang Bijaksana meninggal dunia. Anak laki-laki yang satu-satunya, Carlo dari Calabria, sudah meninggal pada tahun 1328, sehingga yang tersisa hanya dua anak perempuan. Salah satunya, yaitu Giovanna, telah menikah dengan András, anak laki-laki raja Károly I dari Hongaria. Giovanna sangat tidak menyukai András. Setelah kematian Raja Károly, Giovanna dijadikan Ratu Napoli oleh Paus Klemens VI yang berada di Avignon. András ingin menjadi raja, tetapi ia hanya mendapat gelar Adipati Calabria.

Pada 14 Juni 1345, setelah mendapatkan bayaran sebesar 44.000 mark, Paus Klemens bersedia untuk memberikan gelar raja kepada András, tetapi hanya sebagai penerus setelah kematian Giovanna. Giovanna diduga telah berselingkuh dengan Luigi dari Taranto. Giovanna sendiri sangat dipengaruhi oleh ibu kandung Luigi dari Taranto, yaitu Katarina dari Valois. Pada tanggal 19 September, sebelum András dapat diangkat sebagai raja, sanak saudara Katarina membunuh András pada saat ia sedang berburu di Aversa. Bertramo del Balzo dan Fra Moriale berhasil menemukan dan menghukum pembunuhnya, tetapi kecurigaan akan keterlibatan Giovanna semakin tersebar luas.

Pada Mei 1346, saudara laki-laki András, Raja Lajos yang Agung, mengirim utusan ke tempat Paus Klemens dan meminta agar sang ratu dijatuhkan. András merasa tidak puas dengan jawaban Paus, sehingga ia mengumpulkan pasukan dan berangkat dari kota Zara. Namun, pada saat itu kota tersebut memberontak melawan Republik Venesia. Setelah tidak berhasil membebaskannya, Raja Lajos terpaksa menunda ekspedisinya, sementara Zara kembali jatuh ke tangan Venesia.

Perang[sunting | sunting sumber]

Pada November 1347, Lajos berangkat ke Napoli dengan 1.000 pasukan (Hongaria dan Jerman), kebanyakan tentara bayaran. Saat ia mencapai perbatasan kerajaan Giovanna, ia diiringi oleh 2.000 ksatria Hongaria, 2.000 kavaleri berat bayaran, 2.000 pemanah berkuda Cuman dan 6.000 infanteri berat bayaran. Ia berhasil menghindari konflik di Italia utara. Raja Lajos melarang penjarahan dan semua persediaan dibeli dari warga setempat dan dibayar dengan emas. Raja Hongaria melintasi wilayah Italia Utara dan mengumumkan bahwa ia tidak akan menyerang negara atau kota di utara. Sementara itu, Giovanna telah menikahi sepupunya, Luigi dari Taranto, dan telah berdamai dengan musuh bebuyutan Napoli, Kerajaan Sisilia. Pasukan Napoli yang terdiri dari 2.700 ksatria dan 5.000 infanteri dipimpin oleh Lajos dari Taranto. Di Foligno, wali paus meminta agar Lajos membatalkan ekspedisinya, karena para pembunuh András sudah dihukum, dan juga karean Napoli adalah wilayah yang tunduk kepada Paus. Namun, Raja Lajos mengabaikannya, dan sebelum akhir tahun ia berhasil melintasi perbatasan Napoli tanpa menghadapi perlawanan.

Pada tanggal 11 Januari 1348, dalam Pertempuran Capua, ia berhasil mengalahkan pasukan Lajos dari Taranto. Empat hari kemudian, Giovanna lari ke Provence dan suaminya juga ikut lari ke sana sesudahnya. Semua bangsawan di Napoli bersumpah setia kepada penguasa yang baru. Saat Lajos mengunjungi Aversa (tempat pembunuhan saudara laki-lakinya), Lajos menyuruh Malatesta Ungaro dan beberapa orang lain untuk membunuh Carlo dari Durazzo sebagai pembalasan. Saat tiba di Napoli, Lajos membebastugaskan tentara bayaran dan komandannya, Werner von Urslingen.

Di kota tersebut, Lajos dan pasukannya terserang wabah Kematian Hitam, sehingga ia memutuskan untuk meninggalkan Kerajaan Napoli. Orang-orang Napoli yang tidak menyukai kekuasaan Hongaria memanggil Giovanna kembali. Ia membayar ekspedisi militer untuk kembali ke Napoli (termasuk dengan membayar von Urslingen) dengan menual haknya di Avignon kepada Paus. Ia mendarat di dekat Napoli dan dengan mudah merebutnya, tetapi komandan Hongaria Ulrich von Wolfart memberikan perlawanan yang sengit di Apulia.

Saat von Urslingen memutuskan untuk membelot dan kembali membela Hongaria, Giovanna meminta bantuan dari Paus. Paus mengirim utusan yang berhasil mengatur gencatan senjata setelah menawarkan kompensasi yang besar kepada von Urslingen dan Wolfart bersaudara. Giovanna dan Lajos akan meninggalkan Kerajaan Napoli untuk menunggu hasil pengadilan yang terkait dengan kasus pembunuhan András. Pengadilan ini akan diadakan di Avignon. Pengadilan ini lalu membebaskan Giovanna dari tuduhan pembunuhan pada Januari 1352 dan perdamaian dengan Hongaria disepakati pada 23 Maret 1352.

Sesudah perang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1380, terjadi perang saudara di Kerajaan Napoli. GIovanna mendukung Paus Klemens VII yang berada di Avignon, dan sesudahnya Paus Urbanus VI menawarkan tahta kepada Carlo. Lajos memberikan bantuan berupa dana dan pasukan kepada Carlo, dan ia berhasil memasuki Napoli pada tahun 1381. Kemudian, pada tanggal 22 Mei 1382, empat tentara bayaran Hongaria mencekik Giovanna di San Fele.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Bellér, Béla (1986). Magyarok Nápolyban. Budapest: Ferenc Móra Publisher. 
  • C. Rienzo, "Regno di Napoli - La Regina Giovanna", at cronologia.leonardo.it [1] (Italia)