Kamlesh Mehta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kamlesh Mehta
Lahir1 Mei 1960 (umur 63)
Mumbai, India
Kebangsaan India
PekerjaanPemain Tenis Meja

Kamlesh Navichandra Mehta (lahir 1 Mei 1960) adalah seorang pemain tenis meja asal India yang sudah pensiun. Pada bulan Maret 2017, Kementerian Urusan Pemuda dan Olahraga, Pemerintah India, mengangkatnya sebagai pengamat nasional untuk tenis meja.[1]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dijuluki Kamu, Kamlesh Mehta lahir di Mumbai pada 1 Mei 1960. Setelah sekolah dasar di cabang St. Joseph's Wadala, dia pergi ke RA Podar College di Mumbai untuk lulus di Commerce dan kemudian bergabung dengan Dena Bank . Dia menikah dengan pemain tenis meja dari Assam, Monalisa Baruah. (Monalisa Baruah Mehta)

Karier tenis meja[sunting | sunting sumber]

Kamlesh adalah kapten tim India dari 1982 hingga 1989 dan merupakan pemain India dengan peringkat tertinggi di Asia, Persemakmuran Bangsa-bangsa. Dia bermain di final kejuaraan nasional pada sebelas kesempatan antara 1981 dan 1994, memenangkan gelar delapan kali. Dia adalah runner-up tiga kali.

Kamlesh mewakili India dalam tujuh kejuaraan dunia, delapan kejuaraan Asia, dua Pertandingan Asia , empat pertandingan Federasi Asia Selatan, dua Pertandingan Olimpiade dan banyak kompetisi resmi dan persahabatan lainnya di India dan luar negeri. Penampilan terbaiknya datang di SAF Games pada tahun 1991 di Kolombo di mana ia memenangkan tujuh medali emas dan empat medali perak.

Dia memenangkan Kejuaraan Bank Dunia di Isle of Man (UK) pada tahun 1989. Dia memenangkan keempat medali emas di Kejuaraan Internasional Pentangular pada tahun 1983.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Selama hampir dua puluh tahun berkarier, Kamlesh Mehta telah menerima banyak pengakuan. Penghargaan Shiv Chhatrapati dari Pemerintah Maharashtra adalah yang pertama, diterima pada 1979 diikuti pada 1984 oleh The Friendship Trophy karena menjadi pemain terbaik dari India di Kejuaraan Asia di Islamabad. Dia dua kali dinobatkan sebagai Olahragawan Terbaik oleh Asosiasi Jurnalis Olahraga Bombay. Dia dianugerahi Penghargaan Arjuna, pada tahun 1985. Dia adalah orang India pertama yang menerima Trofi Permainan Adil di Kejuaraan Persemakmuran, pada tahun 1989.

Pelatihan[sunting | sunting sumber]

Mehta telah melatih tim tenis meja India beberapa kali. Nya pertama kali ditunjuk pada tahun 1998 untuk melatih tim nasional di Osaka Asian Games.[2] Kemudian, ia membantu pelatih kepala Massimo Constantini di Asian Games 2010 di Guangzhou.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Government designates 12 Olympians as National Observers". The Indian Express. PTI. 20 March 2017. Diakses tanggal 30 March 2017. 
  2. ^ "Indians' display encouraging: Mehta" (10 October 1998). The Tribune. PTI. Diakses tanggal 30 March 2017. 
  3. ^ "Kamlesh Mehta to coach Indian TT team at Asian Games". Daily News and Analysis. DNA. Diakses tanggal 30 March 2017.