Kamen Rider Mad Rogue (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kamen Rider Mad Rogue (仮面ライダーマッドローグ, Kamen Raidā Maddo Rōgu) adalah Kamen Rider yang merupakan antagonis lainnya pada serial TV Kamen Rider Build. Sama seperti Kamen Rider Rogue, Nama Rogue sendiri diambil dari "Night Rogue", nama salah satu pimpinan Faust dengan corak hewan kelelawar yang juga merupakan antagonis pada serial TV Kamen Rider Build, sementara kata depan "Mad" yang berarti gila menandakan bahwa karakter ini mempunyai sifat untuk bertindak di luar akal sehat yang dapat membahayakan apapun di sekitarnya, mengingat gaya bertarungnya yang juga tidak terprediksi dan terlihat seperti orang gila yang sedang mengamuk. Memiliki banyak kesamaan dengan tokoh Night Rogue, kostum Kamen Rider Mad Rogue sebagian besar masih mengambil basis dari tokoh tersebut, yaitu perpaduan corak hewan kelelawar dengan mesin, hanya kali ini dengan beberapa perbedaan yaitu dari sisi senjata dan juga memiliki sabuk Driver mengingat statusnya adalah Kamen Rider. Dasar warna kostum Mad Rogue terlihat lebih gelap daripada kostum Night Rogue yang dasarnya masih terlihat kecoklatan. Armor pada dada berwarna perak dengan ornamen beberapa pipa uap khas Night Rogue juga terpasang pada Mad Rogue. Mad Rogue memiliki corak warna dominan putih dan ungu yang mendominasi kostumnya selain warna dasar hitam seperti yang telah disebutkan. Yang juga membedakan Mad Rogue dengan Kamen Rider lainnya di serial utama adalah sepatu boot kulit putih tebal yang ia gunakan, tidak seperti Kamen Rider lainnya yang menggunakan sepatu boot standar yang berbahan metal/ logam. Helm yang digunakan oleh Mad Rogue juga menyerupai desain helm salah satu lawan dari tim Super Sentai Denji Sentai Megaranger yaitu Jaden Sentai Neziranger. Wujud manusia Kamen Rider Mad Rogue adalah Nariaki Utsumi, seorang ilmuwan yang merupakan salah satu Anak-Anak Namba dari Namba Heavy Industries, yang sepanjang alur cerita menjadi ilmuwan lain selain Takumi Katsuragi/ Sento Kiryu (Kamen Rider Build) yang di balik layar ikut mengembangkan Sistem Kamen Rider dan Sistem Transteam, yang akhirnya menjadi gila dan memihak musuh di mana tokoh ini diperankan oleh aktor Yuki Ochi (越智 友己, Ochi Yūki). Untuk berubah menjadi Mad Rogue, Utsumi menggunakan dua botol Fullbottle yang terdiri dari satu Fullbottle elemen organik yaitu Fullbottle Bat dan satu Fullbottle elemen inorganik yaitu Fullbottle Engine yang dimasukkan ke dalam Evol-Driver agar dapat menjadi Kamen Rider Mad Rogue.

Nariaki Utsumi[sunting | sunting sumber]

Nariaki Utsumi (内海 成彰, Utsumi Nariaki) atau Utsumi, diperankan oleh Yuki Ochi,[1] adalah seorang ilmuwan yang merupakan salah satu Anak-Anak Namba (難波チルドレン, Nanba Chirudoren) dari perusahaan Namba Heavy Industries (難波重工, Nanba Jūkō) yang dipimpin oleh Jūsaburō Namba (難波 重三郎, Nanba Jūsaburō) yang haus akan perang. Pada awal serial, Utsumi merupakan sekretaris pribadi bagi Gentoku Himuro (氷室 幻徳, Himuro Gentoku) yang kala itu menjabat Penasehat Khusus Perdana Menteri Touto plus pimpinan dari Touto Institute. Sedikit yang diketahui dari dirinya maupun kepribadiannya selain fakta bahwa ia sangat setia kepada Gentoku serta ia juga merupakan ilmuwan dan agen Faust (ファウスト, Fausuto). Namun, ia merasa tertekan atas tindakan yang dilakukan yang mempengaruhi kehidupannya, bahkan ia sempat berkomentar kepada Sento Kiryu (桐生 戦兎, Kiryū Sento) yang saat itu bekerja di bawah pengawasannya untuk Touto Institute, bahwa keduanya bernasib sama karena sama-sama terjebak dalam posisi yang sulit. Utsumi kemudian menjadi umpan dengan berubah menjadi Night Rogue (ナイトローグ, Naito Rōgu) saat diserbu oleh pasukan Guardian Touto dalam rangka operasi menyerbu Faust untuk menyembunyikan identitas Gentoku sebagai Night Rogue. Meskipun akhirnya terungkap di hadapan Build saat berada di sebuah jembatan serta dicegah oleh Build saat hendak melakukan bunuh diri, Utsumi akhirnya berakhir ditembak oleh Gentoku dan jatuh ke dalam sungai. Sebelum ditembak, Utsumi berpesan pada Sento/ Build agar nasibnya tidak berakhir sama seperti dirinya. Utsumi dianggap tewas setelah itu.

Ketika invasi Hokuto terhadap Touto dimulai, terungkap bahwa Utsumi ternyata masih hidup. Diketahui ia diselamatkan oleh Blood Stalk (ブラッドスターク, Buraddo Sutāku) dan diubah menjadi siborg karena hanya itu jalan satu-satunya yang dapat membuatnya bertahan hidup, untuk kemudian menjadi ilmuwan untuk Namba Heavy Industries. Sebenarnya disini mulai terkuak bahwa Utsumi sendiri adalah salah satu dari Anak-Anak Namba, tetapi berbeda dengan Sawa Takigawa (滝川 紗羽, Takigawa Sawa) yang berkhianat dan melepas ikatannya dengan Namba, Utsumi terlihat lebih suportif dan fanatik terhadap Namba sebagai salah satu pengikut setianya. Utsumi kemudian mengembangkan Sclash Driver dari data penelitian Takumi Katsuragi yang dicuri oleh Souichi Isurugi (石動 惣一, Isurugi Sōichi)/ Blood Stalk untuk wilayah Hokuto. Serta ia juga berhasil mendapatkan dan menyempurnakan Sistem Kaiser yang ia berikan kepada Seito untuk digunakan oleh Washio Bersaudara. Selama waktu itu, ia juga menunjukkan perubahan kepribadian. Awalnya seorang pria pendiam yang menunjukkan sedikit emosi tetapi membawa banyak penyesalan, yang kemudian menjadi lebih terbuka, bebas menunjukkan emosinya tetapi juga ganas dan sadis, berubah dari karakter yang tragis menjadi penjahat bejat dan membuat orang bertanya-tanya apakah ia benar-benar menyesal atas tindakan yang ia lakukan sebelumnya. Meskipun bukan pimpinan Faust, Utsumi masih memiliki Transteam Gun (トランスチームガン, Toransuchīmu Gan) dan Lost Fullbottle Bat (バット, Batto, Kelelawar) yang ia gunakan untuk menjadi Night Rogue saat menjadi umpan yang kemudian ia gunakan saat membantu Sento untuk mengumpulkan data dari Hazard Trigger. Night Rogue versi Utsumi dilengkapi kemampuan menganalisis data pada visor helmnya. Utsumi juga dapat menjadi Hell Bros (ヘルブロス, Heru Burosu) yang dilengkapi dengan senjata Nebula Steam Gun (ネビュラスチームガン, Nebyura Suchīmu Gan) dan Steam Blade (スチームブレード, Suchīmu Burēdo). Mengetahui keberadaan Evolto (エボルト, Eboruto) serta membantunya dengan asumsi bahwa itu akan menguntungkan Namba, Utsumi akhirnya mempelajari rencana asli sang alien saat Namba mendesaknya untuk menghentikan Evolto membuka Kotak Pandora, hanya untuk membuat sang alien yang mencegahnya dengan satu pukulan. Utsumi akhirnya menjadi gila karena menyaksikan kekuatan luar biasa Evolto dan kematian dari Namba, yang membuatnya berpihak pada Evolto karena kegilaannya membawanya ke dalam keinginan untuk menghancurkan Bumi juga. Utsumi kemudian diberikan Evol-Driver oleh Evolto dan memperoleh salinan DNA dari Evolto di mana dengan menggunakan Fullbottle Bat (バット, Batto, Kelelawar) dan Fullbottle Engine (エンジン, Enjin, Mesin balap) bersama dengan Evol-Driver, Utsumi dapat berubah menjadi Kamen Rider Mad Rogue.

Sebagai Mad Rogue, Utsumi menunjukkan loyalitasnya pada Evolto dengan mematuhi perintah untuk menangkap para Kamen Rider. Bahkan ia tidak segan-segan menunjukkan kegilaannya dalam bertarung kala menghadapi mereka. Ketika Evolto dihancurkan oleh para Kamen Rider, tubuh Utsumi sebelumnya telah dirasuki oleh Evolto sehingga sang alien dapat bangkit kembali melalui tubuhnya. Lalu pada saat rencana Evolto mulai mendekati klimaksnya, diam-diam Utsumi menghubungi Sawa untuk datang ke Menara Pandora membawa dua Fullbottle tersisa saat pertarungan terakhir para Kamen Rider dengan Evolto. Utsumi akhirnya berbalik mendukung para Kamen Rider dalam pertarungan terakhir melawan Evolto, utamanya bertarung bersama Gentoku ketika menghadapi kloning Hell Bros ciptaan Evolto untuk membalaskan dendam Namba, setelah Sawa datang memenuhi panggilannya. Setelah kloning tersebut hancur, Evolto muncul untuk menghadapi mereka berdua secara langsung. Namun Utsumi yang menggunakan kekuatan penuh akhirnya mengalami kerusakan sebagian pada tubuh siborgnya dan berhasil dilumpuhkan oleh Evolto. Utsumi kemudian mengingat kembali momen ketika ia masih bekerja bersama Gentoku sebelum akhirnya tewas dengan mengorbankan dirinya untuk menahan serangan mematikan Evolto yang sebenarnya ditujukan pada Gentoku dan Sawa yang ikut menyaksikan pertarungannya.

Kamen Rider[sunting | sunting sumber]

Dengan menggunakan Evol-Driver (エボルドライバー, Eboru-Doraibā), sabuk pribadi Evolto yang telah hancur yang kemudian diperbaiki oleh Shinobu Katsuragi (disembunyikan oleh Takumi Katsuragi yang mengetahui tujuan utama Evolto, dan kembali saat Katsuragi sebagai Sento Kiryu), dan secara mengejutkan diberikan oleh Evolto yang memiliki satu Evol-Driver lagi padanya, yang memiliki tuas pemompa di sisi kanan bersama dengan dua Fullbottle yaitu Fullbottle Bat dan Fullbottle Engine, Utsumi dapat berubah menjadi Kamen Rider Mad Rogue (仮面ライダーマッドローグ, Kamen Raidā Maddo Rōgu). Untuk dapat menjadi Mad Rogue, sama seperti Build, Utsumi menggabungkan dua Fullbottle yang telah disebutkan sebelumnya untuk kemudian dimasukkan ke dalam dua slot Evolbottle sesuai elemennya pada Evol-Driver (slot botol organik (Bat) di kanan, slot botol inorganik (Engine) di kiri), lalu tuas pemompa pada Driver diputar agar cairan elemen dipompa menjadi aktif untuk dapat berubah menjadi Mad Rogue. Hal ini berbeda dengan Evol yang mengakses wujudnya dengan menggunakan kombinasi Evolbottle dan Evol-Driver sementara Utsumi menggunakan kombinasi dua Fullbottle biasa dengan Evol-Driver yang wujudnya kemudian disebut "Evol Match" (エボールマッチ, Eboru Matchi), yang merupakan versi Best Match pada Evol-Driver. Berbeda dengan Build yang dapat berganti wujud Best Match dengan berbagai Fullbottle pada Build Driver, Mad Rogue hanya terpaku pada satu wujud Evol Match dengan dua kombinasi Fullbottle tertentu (Bat & Engine) yang membentuk Evol Match pada Evol-Driver yang apabila diganti dengan Evol Match lain tidak akan dianggap sebagai Mad Rogue, tetapi Rider dengan nama lain.

Night Rogue dalam hal ini tidak dihitung sebagai Kamen Rider, karena Night Rogue merupakan bagian dari Sistem Transteam yang diciptakan oleh Takumi Katsuragi yang bertujuan sebagai penyeimbang dari Sistem Kamen Rider yang juga ia ciptakan, yang akhirnya digunakan oleh sebagian besar Pimpinan Tertinggi Faust termasuk Utsumi.

Mad Rogue[sunting | sunting sumber]

Mad Rogue menjadi satu-satunya wujud yang dapat diakses oleh Utsumi. Wujud tersebut adalah wujud Evol Match yang terdiri dari kombinasi dua Fullbottle berbeda, yaitu Fullbottle Bat (バット, Batto, Kelelawar) untuk botol organik dan Fullbottle Engine (エンジン, Enjin, Mesin balap) untuk botol inorganik. Dalam wujud ini Mad Rogue memperoleh armor yang disebut CyBat Armor (サイバットアーマー, Saibatto Āmā) yang bercorak kelelawar dan berbahan metal yang mengindikasikan bahwa Mad Rogue adalah Rider kelelawar dengan fitur mesin yang memberikan efek cahaya ketika Mad Rogue mulai bergerak. Serupa dengan Night Rogue, melalui fitur MR Steam Generator (MRスチームジェネレーター, Emu Aru Suchīmu Jenerētā) berupa pipa uap di sekitar armornya, Mad Rogue mampu meningkatkan kekuatannya dengan semburan uap yang menyembur dari pipa tersebut untuk menambah kecepatan dan daya serang. Dan kembali mengambil fitur pada Night Rogue, Mad Rogue dapat mengeluarkan sepasang sayap kelelawar yang disebut Mad Night Flyers (マッドナイトフライヤー, Maddo Naito Furaiyāsu) untuk terbang dan menyerang melalui udara. Desain helmnya yang unik memiliki fitur yang dapat menggerakkan satu hingga banyak Hard Guardian dan Clone Smash. Sama seperti Kamen Rider Rogue, Mad Rogue juga menggunakan senjata dari Sistem Transteam yaitu Steam Blade (スチームブレード, Suchīmu Burēdo) serta Nebula Steam Gun (ネビュラスチームガン, Nebyura Suchīmu Gan) yang merupakan pengembangan lanjut dari Transteam Gun biasa yang ia gunakan sebelumnya, dan apabila keduanya digabungkan akan menjadi Nebula Steam Rifle (ネビュラスチームライフル, Nebyura Suchīmu Raifuru) sebagai senjata utama. Berbeda dengan Kamen Rider Evol yang menggunakan Evolbottle untuk mengaktifkan serangan akhir yang disebut Evoltic Finish, Mad Rogue yang menggunakan kombinasi dua Fullbottle pada Evol-Driver memiliki serangan akhir disebut Evoltic Attack (エボルテックアタック, Eborutekku Atakku) dengan memutar tuas pemompa pada bagian kanan Evol-Driver. Evoltic Attack Mad Rogue sendiri memiliki banyak variasi karena gaya bertarungnya yang bebas dan tidak terprediksi serta menunjukkan dirinya yang setengah gila ketika bertarung. Variasi Evoltic Attack dari Mad Rogue. antara lain dengan terbang dengan Mad Night Flyer kemudian terbang untuk kemudian menghantam musuh/ targetnya atau melakukan tendangan dengan dua kakinya ke arah musuh, lalu melakukan tendangan Rider Kick (ライダーキック, Raidā Kikku) melalui kaki kanannya yang telah terkonsentrasi energi berwarna ungu, menembakkan energi uap berwarna ungu via Nebula Steam Rifle, dan mengikat musuhnya dengan sinar berwarna ungu via Steam Blade sembari membawanya terbang lalu menembaknya berkali-kali menggunakan Nebula Transteam Gun. Sama seperti Evol, Mad Rogue juga dapat menggunakan senjata dari Build dengan memasukkan Fullbottle tertentu ke dalam slot botol organik dari Evol-Driver bersama dengan Evolbottle Rider ke dalam slot botol inorganik dari Evol-Driver untuk memunculkan senjata tersebut, yang selanjutnya disebut "Creation" (クリエーション, Kuriēshon). Contohnya Mad Rogue menggunakan Fullbottle Kaizoku untuk menggunakan Kaizoku Hassyar milik Kamen Rider Build, dan mengeluarkan serangan akhir Kaizoku Densha versi Evol-Driver yang disebut Pirates Finish (パイレーツフィニッシュ, Pairētsu Finisshu). Karena menggunakan wujud berbasis penggunaan Evol-Driver, Utsumi memodifikasi beberapa bagian pada Evol-Driver miliknya untuk dapat menyesuaikan dengan kekuatan evolusi milik Evolto. Namun jika kekuatan tersebut mencapai batasnya, hal tersebut akan menimbulkan kerusakan pada tubuhnya yang merupakan siborg dan dapat melumpuhkannya.

Perlengkapan[sunting | sunting sumber]

Evol-Driver[sunting | sunting sumber]

Evol-Driver (エボルドライバー, Eboru-Doraibā) adalah sabuk untuk bertransformasi yang digunakan untuk berubah menjadi Kamen Rider (dalam hal ini Kamen Rider Mad Rogue) dengan menggunakan dua Evolbottle yang terdiri dari satu Evolbottle elemen organik dan satu Evolbottle elemen inorganik (utamanya adalah Evolbottle Rider), tetapi khusus bagi Utsumi ia menggunakan dua Fullbottle biasa yang terdiri dari satu Fullbottle elemen organik dan satu Fullbottle elemen inorganik. Evol-Driver merupakan sabuk pribadi dari Evolto dan menjadi basis dari penciptaan Build Driver dalam sistem Kamen Rider. Tidak diketahui bagaimana proses penciptaannya, tetapi awalnya diketahui Evol-Driver ini rusak akibat pertarungan Evolto dengan Vernage, sementara Evolto sendiri disegel ke dalam Kotak Pandora. Setelah Evolto lepas dan merasuki Souichi Isurugi yang menemukan Kotak Pandora, Evol-Driver yang rusak ini berhasil ditemukan dan dibawa serta ke Bumi. Dengan bantuan Shinobu Katsuragi, Evol-Driver ini akhirnya diperbaiki dan dipelajari bersama dengan Evolto. Walaupun begitu, Takumi Katsuragi yang menyadari tujuan asli Evolto kemudian mengambil dan menyembunyikan Driver ini dari Evolto hingga berapa lama. Akhirnya setelah berapa lama, eksistensi Driver ini kembali muncul setelah Evolto meminta syarat pada Sento untuk menukarnya dengan Taizan Himuro, Perdana Menteri Touto saat itu yang sedang disandera. Sento menemukan kembali Driver ini di dalam bilik pemurnian Fullbottle yang ia ciptakan untuk Misora untuk kemudian ia rangkai kembali. Dengan bantuan Gentoku Himuro, Sento dan Rider lainnya berencana menyelamatkan Taizan dengan memberikan Driver ini pada Evolto. Namun berkat Utsumi yang berhasil merebutnya saat itu, Driver ini akhirnya kembali ke tangan Evolto. Dan secara mengejutkan, Evolto memiliki satu Evol-Driver lagi yang kemudian ia berikan pada Utsumi dengan syarat menjadi pengikut setianya. Penampang Evol-Driver kurang lebih sama dengan Build Driver dan memiliki bagian-bagian yang persis sama (lebih lanjut lihat di halaman Kamen Rider Build tentang Build Driver), begitupun cara kerjanya. Hanya efek suara yang timbul akan berbeda dan berlawanan dengan Build Driver jika menggunakan Fullbottle (efek suara Fullbottle berbahasa Inggris di Build Driver akan berbahasa Jepang di Evol-Driver, begitupun sebaliknya). Untuk berubah menjadi Kamen Rider Mad Rogue, Utsumi menggunakan dua botol Fullbottle yang terdiri dari satu Fullbottle elemen organik yaitu Fullbottle Bat dan satu Fullbottle elemen inorganik yaitu Fullbottle Engine yang dimasukkan ke dalam masing-masing slot Evolbottle (slot botol organik di kanan, slot botol inorganik di kiri) pada Evol-Driver dan memberi tanda bunyi "Evol Match" (エボールマッチ, Eboru Matchi) agar dapat menjadi Kamen Rider Mad Rogue. Yang membedakannya lagi dengan Build Driver adalah setelah memutar tuas Vortex Lever pasca bunyi tersebut, tidak akan muncul Snap Build Rider untuk armor Rider yang akan dipakai pengguna namun diganti dengan efek garis acak dengan warna dari dua Fullbottle yang digunakan untuk kemudian membungkus pengguna dan akhirnya pengguna memperoleh wujud Kamen Rider. Melalui Evol-Driver juga seperti halnya Evol, Mad Rogue memperoleh Evolbottle Rider yang digunakan juga untuk menggunakan senjata milik Build dari Fullbottle tertentu jika dikombinasikan bersama yang disebut "Creation" (クリエーション, Kuriēshon). Menurut Shinobu Katsuragi, Driver ini hanya kompatibel dengan pengguna yang memiliki Hazard Level 5 (ハザードレベル5, Hazado Reberu Faifu) dari Gas Nebula yang telah disuntikkan ke dalam tubuh penggunanya.

Fullbottle[sunting | sunting sumber]

Fullbottle (フルボトル, Furubotoru) adalah botol sampel berukuran kecil yang berisi inti dari Smash yang telah dimurnikan yang digunakan oleh Kamen Rider (dalam hal ini Kamen Rider Mad Rogue) untuk bertransformasi serta mengakses setiap kekuatannya dari jenis inti yang terdapat dalam botol tersebut. Sebelumnya botol yang tidak terdapat inti Smash di dalamnya disebut Empty Bottle (エンプティボトル, Enputi Botoru) yang berwarna bening. Ketika mengalahkan Smash dan inti dari mereka diserap, Empty Bottle akan terisi oleh Gas Nebula (ネビュラガス, Nebyura Gasu) yang merupakan zat utama dalam inti Smash yang dicairkan lalu memunculkan corak hitam seperti jaring laba-laba pada permukaannya, yang kemudian disebut dengan Smash Bottle (スマッシュボトル, Sumasshu Botoru). Dengan bantuan kekuatan Misora bersama bilik khusus yang menyerupai microwave di ruang bawah tanah Nascita yang diciptakan oleh Sento, Smash Bottle tersebut dimurnikan menjadi Fullbottle yang memiliki warna beragam sesuai inti awalnya. Warna pada masing-masing botol akan memberikan corak warna pada armor Build ketika digunakan. Sebelum dimurnikan, apabila Smash Bottle tersebut dibuka, inti tersebut akan keluar kembali pada korban awal dan mengubah mereka kembali menjadi Smash. Tapi pada kasus lain, apabila korban yang telah diekstrak elemen Smashnya menggunakan kembali Smash Bottle yang baru, ia akan terbunuh dan musnah sembari menghilang.[2]

Total 60 Fullbottle dibutuhkan untuk dapat membuka Kotak Pandora, mengingat sumber kekuatan inti Smash dan Gas Nebula dari Skywall berasal dari sana. Kekuatan inti atau elemen ini terkumpul dari segala sumber kehidupan yang ada di Bumi yang diserap oleh Kotak Pandora ketika dibawa ke Bumi. Kotak Pandora total memiliki 6 panel di mana tiap 1 panel dapat menyimpan 10 Fullbottle berbeda. 2 panel telah diketahui berada di bawah wilayah Touto dan telah terkumpul 20 Fullbottle yang ditemukan dan digunakan oleh Sento untuk menjadi Kamen Rider Build dalam 10 wujud Best Match awal (lihat daftar Fullbottle di bawah untuk 10 Fullbottle awal baik organik maupun non-organik) yang secara tidak langsung dikonfirmasi oleh pemerintah Touto menjadi milik mereka. Sementara 40 Fullbottle tersisa berada di dua wilayah lagi, Hokuto dan Seito, yang juga masing-masing memiliki 2 panel Kotak Pandora dan 20 Fullbottle di bawah wilayah mereka. Ketiga wilayah harus bekerja sama agar dapat membuka Kotak Pandora dengan kondisi tersebut, tetapi berkat plot dari Souichi Isurugi/ Blood Stalk/ Evolto, situasi menjadi tidak terkendali karena ketiga wilayah dimanipulasi untuk berperang memperebutkan Kotak Pandora tersebut.

Utsumi menggunakan dua buah Fullbottle yaitu Bat dan Engine untuk berubah menjadi Kamen Rider Mad Rogue, di mana Fullbottle elemen organik (berbasis makhluk hidup) yang ia gunakan adalah Bat (kelelawar) dan Fullbottle elemen inorganik (berbasis benda mati) yang ia gunakan adalah Engine (mesin balap) yang dikocok terlebih dahulu kemudian dimasukkan ke dalam dua slot Evolbottle sesuai elemennya pada Evol-Driver untuk dapat mengubah Utsumi menjadi Mad Rogue. Meskipun begitu, Utsumi juga menggunakan Fullbottle lainnya selain Fullbottle yang telah disebutkan sebagai perangkat pendukung pertarungan.

Fullbottle Organik[sunting | sunting sumber]

Fullbottle Organik pada umumnya berisi inti Gas Nebula murni berbasis makhluk hidup. Semua Fullbottle dengan inti ini berbasis 30 hal yang disukai oleh Souichi Isurugi saat ditanya oleh Evolto yang merasukinya pertama kali. Souichi menjawab dengan hal-hal yang disukai oleh sang anak, Misora yang sebagian besar merupakan makhluk hidup dan tokoh-tokoh hidup fiktif (contoh: ninja, perompak). Berikut daftar Fullbottle Organik yang telah diketahui dan digunakan oleh Mad Rogue:

Nama Fullbottle Basis/ Corak Evol Match Nama Wujud Evol Match Fungsi
Bat Kelelawar Engine BatEngine Membentuk wujud Evol Match BatEngine (Mad Rogue) dengan Fullbottle Engine pada Evol-Driver dan mengakses kekuatannya
Kaizoku Perompak Densha PiratesTrain Memberikan pengguna senjata Kaizoku Hassyar ketika dimasukkan ke dalam Evol-Driver bersama Evolbottle Rider

Fullbottle Inorganik[sunting | sunting sumber]

Fullbottle Inorganik pada umumnya berisi inti Gas Nebula murni berbasis benda mati. Semua Fullbottle dengan inti ini berbasis 30 hal yang dapat menghancurkan 30 hal yang disukai oleh Souichi Isurugi saat ditanya oleh Evolto yang merasukinya pertama kali. Souichi menjawab dengan hal-hal yang ia ketahui, meskipun seiring waktu jawabannya mulai tidak masuk akal (contoh: komik, karet penghapus) yang membuat Evolto menyimpulkan bahwa manusia mudah sekali dimanfaatkan. Berikut daftar Fullbottle Inorganik yang telah diketahui dan digunakan oleh Mad Rogue:

Nama Fullbottle Basis/ Corak Evol Match Nama Wujud Evol Match Fungsi
Engine Mesin balap Bat BatEngine Membentuk wujud Evo Match BatEngine (Mad Rogue) dengan Fullbottle Bat pada Evol-Driver dan mengakses kekuatannya
Bike Sepeda motor Same SameBike Memberikan pengguna kemampuan serangan cepat dan menyerang dengan proyeksi energi sepeda motor

Evolbottle[sunting | sunting sumber]

Evolbottle (エボルボトル, Eborubotoru) adalah botol yang menyerupai Fullbottle yang merupakan ciptaan dari Evolto yang digunakan sebagai perangkat pendukung pribadinya dalam pertarungan, utamanya untuk mengakses wujud Kamen Rider Evol dengan menggunakannya bersama dengan Evol-Driver. Evolbottle diciptakan dari tubuh manusia yang memiliki kandungan Gas Nebula yang berhubungan langsung dengan Evolto serta dalam keadaan dikendalikan oleh Evolto.

Karena juga merupakan pengguna Evol-Driver, Utsumi/ Mad Rogue utamanya memperoleh Evolbottle Rider yang merupakan Evolbottle inorganik yang digunakan untuk mengakses senjata dari Sistem Kamen Rider apabila digabungkan dalam Evol-Driver bersama satu Fullbottle tertentu.

Nama Evolbottle Basis/ Corak Jenis Evolbottle Asal Inti Fungsi
Rider Sistem Kamen Rider Inorganik Evolto Memberikan pengguna senjata dari Kamen Rider Build jika dikombinasikan dengan Fullbottle tertentu pada Evol-Driver

Senjata[sunting | sunting sumber]

  • Nebula Steam Rifle (ネビュラスチームライフル, Nebyura Suchīmu Raifuru): Senjata utama Kamen Rider Mad Rogue, merupakan gabungan dari Nebula Steam Gun dan Steam Blade yang membentuk sebuah senapan. Nebula Steam Rifle memiliki serangan akhir yaitu Funky Shot (ファンキーショット, Fankī Shotto) yang diaktifkan dengan menginjeksikan Fullbottle apapun ke dalamnya, baik Fullbottle Crack, Fullbottle biasa, maupun Fullbottle Gear dari Sistem Kaiser.
    • Nebula Steam Gun (ネビュラスチームガン, Nebyura Suchīmu Gan): Senjata utama Kamen Rider Mad Rogue berupa pistol uap yang merupakan pengembangan dari Transteam Gun biasa dan berwarna ungu. Senjata ini memiliki empat tembakan yang menjadi serangan akhir yaitu Funky Drive (ファンキードライブ, Fankī Doraibu), Funky Finish (ファンキーフィニッシュ, Fankī Finisshu), Funky Attack (ファンキーアタック, Fankī Atakku), dan Funky Break (ファンキーブレイク, Fankī Bureiku).
    • Steam Blade (スチームブレード, Suchīmu Burēdo): Senjata utama Kamen Rider Mad Rogue berupa sebuah pedang yang juga dapat menghasilkan uap bagian dari Sistem Transteam. Steam Blade memiliki tiga mode serangan yaitu Ice Steam (アイススチーム, Aisu Suchīmu) yang mampu membekukan lawan, Elek Steam (エレキスチーム, Ereki Suchīmu) yang mampu menyetrum lawan, dan Devil Steam (デビルスチーム, Debiru Suchīmu) yaitu serangan dengan mengeluarkan Gas Nebula untuk mengubah musuh/ target menjadi Smash atau memperbesar ukuran Smash.
  • Kaizoku Hassyar (カイゾクハッシャ, Kaizoku Hasshā): Senjata Kamen Rider Build dalam wujud KaizokuRessha, adalah bowgun/ busur panah bertangkai yang memiliki corak seperti jangkar kapal. Sama seperti Drill Crusher, Kaizoku Hassyar digunakan dalam dua mode: Sabit Jangkar (Anchor Mode) (アンカーモード, Ankā Mōdo) dan Bowgun (Bowgun Mode) (ボウガンモード, Bougan Mōdo). Dengan kemampuan Fullbottle Kaizoku, Build melakukan serangan akhirnya yang disebut Kaizoku Densha (海賊電車, Kaizoku Densha) dengan tanda bunyi "Hassha!" (発射!, Hassha!) sebelum serangan dilakukan. Mad Rogue memperoleh senjata ini setelah mengakses Creation berupa kombinasi Fullbottle Kaizoku dan Evolbottle Rider pada Evol-Driver. Berbeda dengan Build, serangan akhir Kaizoku Hassyar versi Evol-Driver disebut Pirates Finish (パイレーツフィニッシュ, Pairētsu Finisshu).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]