Kamen Rider Build: Birth! KumaTelevi!! VS Kamen Rider Grease

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Kamen Rider Build: Birth! KumaTelevi!! VS Kamen Rider Grease

Kamen Rider Build: Birth! KumaTelevi!! VS Kamen Rider Grease (仮面ライダービルド 誕生!クマテレビ!!VS仮面ライダーグリス, Kamen Raidā Birudo: Tanjō! Kuma Terebi! ! VS Kamen Raidā Gurisu, Kamen Rider Build: Lahirlah! KumaTelevi!! VS Kamen Rider Grease) adalah direct-to-video atau film pendek bertajuk Hyper Battle dalam format DVD dari rangkaian Serial Kamen Rider yang menjadi serial ke-23 Hyper Battle yang mengacu pada Serial Kamen Rider era Heisei periode 2, Kamen Rider Build. Video Hyper Battle DVD ini dirilis oleh Toei pada tanggal 28 Februari 2018 yang berkolaborasi dengan media Shonen Magazine Televi-kun.[1] Film ini menjelaskan asal-usul dari kalung nama yang dimiliki oleh para prajurit dari Hokuto dan memperkenalkan salah satu wujud dari Kamen Rider Build yaitu KumaTelevi.[2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kamen Rider Grease dari Hokuto muncul untuk melakukan invasi terhadap Touto bersama dengan tiga anak buahnya yang dipanggil Trio Hokuto. Sento Kiryu dan Ryuga Banjou selaku dua Kamen Rider dari Touto, Build dan Cross-Z, harus menghadapi ancaman terbaru ini dengan melawan mereka. Saat Grease bertarung melawan Cross-Z Charge, terlihat sosok pemuda misterius yang menyaksikan pertarungan tersebut dari jauh dan pemuda ini akan menjadi tokoh yang mengungkap rahasia di balik perjuangan Kamen Rider Grease yang identitas aslinya adalah Kazumi Sawatari. Siapakah pemuda misterius tersebut? Bagaimana sebenarnya sisi lain kepribadian dari Kamen Rider Grease serta hubungannya dengan si pemuda misterius? Dan mengapa Sento bisa memperoleh Fullbottle Kuma dan Televi yang membuatnya dapat mengakses wujud Best Match yang baru?

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini mengambil plot antara episode 19 dan episode 20 pada serial TV utama Kamen Rider Build. Film dibuka dengan suasana pertarungan antara Kazumi Sawatari/ Kamen Rider Grease dan Ryuga Banjou/ Kamen Rider Cross-Z Charge yang masih terus berlangsung demi merebut kembali Fullbottle dari Hokuto yang direbut oleh Touto serta Fullbottle milik Touto. Di balik pertarungan tersebut, muncul sesosok pemuda yang menyaksikan pertarungan tersebut di balik sebuah mobil sambil mengagumi Grease dari kejauhan. Pemuda ini menggunakan kalung nama berwarna putih untuk menunjukkan identitasnya, sebelum kemudian Cross-Z Charge melakukan pukulan Let's Break (レッツブレイク, Rettsu Burēku) kepada Grease.

Setelah itu di Nascita, Ryuga yang kembali dalam keadaan babak belur menunjukkan dua Fullbottle baru yang sepertinya berhasil ia rebut dari Grease yaitu Fullbottle Kuma (クマ, Kuma, Beruang) dan Fullbottle Televi (テレビ, Terebi, Televisi) kepada Sento dan Misora. Karena kurang mendapat respon yang positif dari mereka berdua, Ryuga yang kesal pergi keluar dan Misora segera mengejarnya, untuk kemudian dikejutkan oleh kedatangan sesosok pemuda yang datang di kafe dan menyebut dirinya adalah pelanggan. Pemuda ini adalah pemuda di awal cerita yang menyaksikan pertarungan Grease dan Cross-Z Charge. Setelah memperoleh kopi pesanannya dari Ryuga yang kemudian keluar lagi untuk mencari biji kopi atas perintah Misora, pemuda ini bercerita dengan mengungkap identitasnya bahwa ia bernama Massugu Ubukata (生方 直進, Ubukata Massugu) dan berasal dari Hokuto. Ia datang ke Nascita untuk membuntuti Kamen Rider (Cross-Z Charge) yang membawa dua Fullbottle dari Grease dan menghilang di sekitar Nascita. Karena gayanya yang terkesan berlebihan saat bercerita, hal tersebut memancing Sento keluar dengan membawa dua Fullbottle yang ia ceritakan sebelumnya. Melihat itu, seketika Massugu mengambil kedua Fullbottle tersebut lalu berteriak dan mencoba menyerang Sento tetapi berhasil dipatahkan, tetapi ia berhasil menyandera Misora. Tetapi karena ia terlihat bertingkah konyol, ia malah mengancam dengan menghunuskan sendok kayu ke arah Misora yang mendapat respon yang agak aneh dan kocak baik dari Misora maupun Sento. Tidak terima, ia akhirnya mengeluarkan sebuah Smash Bottle dan mengubah dirinya menjadi Ice Smash (アイススマッシュ, Aisu Sumasshu) dan membawa Misora kabur ke sebuah atap gedung. Di atap gedung, ia akhirnya dihentikan oleh Sento yang telah berubah menjadi Kamen Rider Build dalam wujud RabbitTank. Berkat pengalamannya yang pernah mengalahkan Ice Smash sebelumnya, Build berganti wujud menjadi NinninComic. Tetapi kali ini setiap serangan Build tidak bekerja pada Ice Smash versi saat ini, bahkan malah membuatnya terdesak hingga membatalkan transformasinya. Misora kemudian mengambil Fullbottle Kuma dan Fullbottle Televi yang dijatuhkan oleh Ice Smash sebelumnya dan melemparkannya pada Sento. Sento kemudian berubah dengan mengakses wujud Best Match Build yang baru: "KumaTelevi".

Meskipun menggunakan wujud baru, Build tetap saja kesulitan hingga satu serangan dari Ice Smash padanya mengaktifkan kemampuan Fullbottle Televi. Pada fitur layar TV yang terdapat pada bahu kiri Build muncul tayangan singkat yang dipandu oleh seorang presenter yang dipanggil Televi-san (てれびさん, Terebi-san) yang kemudian menjelaskan langkah untuk menghentikan Ice Smash. Berkat tayangan tersebut, Build akhirnya berhasil mendaratkan serangan akhir Vortex Finish (ボルテックフィニッシュ, Borutekku Finisshu) KumaTelevi pada Ice Smash dan mengembalikan wujud Smash itu menjadi Massugu. Misora yang melihat Massugu terkapar segera berlari mencari air untuk menyadarkan Massugu. Namun kemudian Grease muncul dan bertarung menghadapi Build setelah melihat apa yang terjadi pada Massugu. Di satu kesempatan, Massugu yang telah sadar dengan sisa tenaganya akhirnya berhasil menahan Build dengan menggenggam kuat kaki kanannya dan kembali mengaktifkan kemampuan Fullbottle Televi sekali lagi. Kali ini, Televi-san menjelaskan informasi mengenai asal-usul Massugu, yang ternyata juga merupakan salah satu pegawai dari Kazumi. Massugu memiliki seorang nenek bernama Kimiyo Ubukata (キミヨ 直進, Ubukata Kimiyo) yang merupakan seorang petani pekerja keras yang mengalami serangan jantung saat bekerja. Karena Hokuto minim fasilitas kesehatan, Massugu membawa sang nenek ke rumah sakit di luar wilayah yang mengharuskannya menyebrangi perbatasan Skywall namun dihentikan oleh para prajurit penjaga perbatasan, sebelum akhirnya Kazumi datang menyelematkannya sehingga ia bisa membawa sang nenek ke rumah sakit. Sejak saat itu Massugu berhutang budi pada Kazumi dan bercita-cita menjadi salah satu anak buah Kazumi yang loyal, salah satunya dengan membuat kalung nama untuk Kazumi dan Trio Hokuto termasuk dirinya. Tetapi ketika Massugu memberikan kalung nama itu pada Kazumi saat invasi dimulai, Kazumi menolaknya sehingga setelah itu ia merelakan dirinya dieksperimen oleh Faust menjadi Smash dan secara diam-diam terus mengikuti sang majikan ke manapun ia pergi hingga saat ini. Melihat itu, Sento membatalkan transformasinya dan mengembalikan Fullbottle Kuma dan Fullbottle Televi pada Massugu. Grease yang kemudian kembali menjadi Kazumi mengungkapkan bahwa ia menolak Massugu karena ia tidak ingin membuat Massugu terlibat perang dan membahayakan dirinya karena risiko perang dan sang nenek yang sedang dalam keadaan kritis. Di akhir, Kazumi akhirnya memahami dan menerima perasaan Massugu dengan menerima dua Fullbottle dan empat kalung nama dari Massugu yang terdiri dari kalung dengan namanya dan nama para Trio Hokuto, serta menyuruh Massugu kembali ke Hokuto untuk merawat sang nenek.

Film ditutup dengan Ryuga yang berpenampilan kumal dengan memakai topi sombrero ala Meksiko kembali dengan membawa dua karung biji kopi ke Nascita, hanya untuk kemudian ditabrak oleh Misora dari belakang hingga terjatuh sambil mendengar Misora berkata bahwa saat ini ia tidak lagi memerlukan kopi, tapi air yang banyak. Ryuga yang melihat hal itu pun terlihat kesal sambil memperlihatkan ekspresi wajahnya yang terlihat konyol.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Sento Kiryu (桐生 戦兎, Kiryū Sento): Atsuhiro Inukai (犬飼 貴丈, Inukai Atsuhiro)
  • Ryuga Banjou (万丈 龍我, Banjō Ryūga): Eiji Akaso (赤楚 衛二, Akaso Eiji)
  • Misora Isurugi (石動 美空, Isurugi Misora): Kaho Takada (高田 夏帆, Takada Kaho)
  • Kazumi Sawatari (猿渡 一海, Sawatari Kazumi): Kouhei Takeda (武田 航平, Takeda Kōhei)

Bintang Tamu[sunting | sunting sumber]

  • Massugu Ubukata (生方 直進, Ubukata Massugu): Yuji Takao (髙尾 勇次, Takao Yuji)
  • Kimiyo Ubukata (キミヨ 直進, Ubukata Kimiyo): Kyoko Izumi (和泉 今日子, Izumi Kyoko)
  • Prajurit: Itou Soua (伊藤そうあ, Soua Itou)
  • Televi-san (てれびさん, Terebi-san): Nao Oikawa (及川 奈央, Oikawa Nao)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]