Kalkarenit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kalkarenit atau sering dikenal juga batugamping kalkarenit adalah salah satu bahan galian industri yang termasuk ke dalam kelompok batuan sedimen. [1][2] terbentuknya kalkarenit berasal dari proses pengendapan kembali batugamping. kalkarenit berasal dari kata arenit atau pasir yang berasal dari batuan gamping. pemanfaatan dari hasil tambang batugamping sering difungsikan sebagai bahan industri seperti bahan bangunan, bahan peleburan, dan fungsi lainnya yang berkaitan dengan bahan industri. Biasanya batugamping terbentuk dan mengendap dalam bentuk bukit. Oleh karena itu, penambangan biasanya menggunakan Teknik galian terbuka berbentuk kuari tipe sisi bukit. penambangan batuan gamping juga biasanya dilakukan dengan dua cara yaitu penambangan skala kecil dan skala besar. Untuk skala kecil biasanya menggunakan perkakas sederhana dengan tenaga manusia, seperti cangkul. Sedangkan penambangan dengan skala besar biasanya menggunakan alat berat dan menggunakan tenaga mesin modern

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ kusuma, Putu Oka Dharma. "PERKEMBANGAN SEDIMENTASI SATUAN KALKARENIT PELANG BERDASARKAN DATA PETROGRAFI PADA LINTASAN KAYEN, DAERAH NAMPU, KARANGRAYUNG, GROBOGAN, JAWA TENGAH". GEODA (01 maret 2021). 
  2. ^ "KALSINASIKALSIUM OKSIDA (CaO) DARI BATUGAMPING KALKARENITFORMASI BATUPUTIH (Tmpb) DI DESA TUPAN, KECAMATANBATU PUTIH, KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN,NUSA TENGGARA TIMUR". Conference.undana.ac.id (25 oktober 2019).