Kakatua puerto rico

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Kakatua Puerto Rico (Amazona vittata), adalah satu-satunya burung beo yang masih ada endemik ke kepulauan Puerto Rico, dan termasuk genus Neotropical genus Amazona. Dengan ukuran 28–30 cm (11,0-11,8 inci), burung ini adalah burung kakaktua yang sangat hijau dengan dahi merah dan cincin putih di sekitar mata. Dua subspesies telah dijelaskan, meskipun ada keraguan mengenai kekhasan bentuk gracilipes dari Culebra Island, yang punah sejak 1912. Kerabat terdekatnya diyakini sebagai amazon Kuba dan Amazon Hispaniolan. Spesies ini adalah satu-satunya burung nuri asli yang tersisa di Puerto Rico dan telah terdaftar sebagai terancam kritis oleh World Conservation Union sejak tahun 1994. Setelah tersebar luas dan melimpah, populasi menurun drastis pada abad ke-20 ke-19 dan awal dengan penghilangan sebagian besar penduduk asli habitat; Spesies ini benar-benar lenyap dari Vieques dan Pulau Mona, dekat ke pulau utama Puerto Rico. Upaya konservasi dimulai pada tahun 1968 untuk menyelamatkan burung dari kepunahan. Pada 2012, total perkiraan populasi adalah 58–80 individu di alam liar dan lebih dari 300 individu di penangkaran.[1]

Amazon Puerto Rico mencapai kematangan seksual di antara tiga dan empat tahun. Ini mereproduksi setahun sekali dan merupakan rongga rongga. Setelah betina bertelur ia akan tetap di sarang dan terus menetaskan mereka sampai menetas. Anak-anak ayam diberi makan oleh kedua orang tua dan akan terbang 60 hingga 65 hari setelah menetas. Pola makan burung kakatua ini bervariasi dan terdiri dari bunga, buah, daun, kulit kayu dan nektar yang diperoleh dari kanopi hutan.

Burung Parrot Puerto Rico yang kritis terancam punah, saat ini jumlahnya hanya sekitar lima puluh ekor di alam liar program konservasi yang sangat intensif yang dirancang untuk menyelamatkan spesies ini dari kepunahan memiliki beberapa keberhasilan bila dibandingkan dengan titik terendah sepanjang waktu di pertengahan tahun 1970-an, ketika hanya 13 individu bertahan hidup di alam liar.[2]


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 787-505-4397, U.S. Fish and Wildlife Service, Lilibeth Serrano,. "Caribbean Ecological Servcies Field Office/PR Parrot MoU Renewed". www.fws.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-29. 
  2. ^ "Puerto Rican Parrot - Introduction". neotropical.birds.cornell.edu (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-11-29.  Teks " Neotropical Birds Online" akan diabaikan (bantuan)