Kaikaia gaga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaikaia gaga

Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumArthropoda
KelasInsecta
OrdoHemiptera
FamiliMembracidae
GenusKaikaia
SpesiesKaikaia gaga
Dietrich dan Morris, 2020
Tata nama
Dinamakan berdasarkanLady Gaga

Kaikaia gaga adalah spesies wereng endemik yang berasal dari Nikaragua, spesies ini merupakan spesies tunggal dari genus Kaikaia . Spesies ini dijabarkan pada tahun 2020 oleh Brendan Morris, yang merupakan seorang mahasiswa Ph.D. di Universitas of Illinois di Urbana-Champaign . Hal tersebut diliput kedalam sebuah liputan berita saat diketahui dan terungkap bahwa serangga itu dinamai sebagai Lady Gaga.[1]

Terdapat sebuah makalah yang merincikan perihal penemuan spesies serangga ini, dan telah diterbitkan di Zootaxa, yang ditulis oleh Morris dan juga ditulis bersama oleh seorang ahli entomologi Survei Sejarah Alam Illinois, Christopher Dietrich.

Spesies dari genus ini dikoleksikan pada permulaan tahun 1990-an dan "mendapatkan tempat di museum".[2] Morris memulai untuk mempelajari spesies ini pada tahun 2012, ketika ia mendapatkan serangga ini dalam sebuah nampan yang berisi berbagai jenis wereng pohon yang tidak dikenali yang berasal dari Perpustakaan Carnegie di Pittsburgh . Seorang kurator di sana "baru saja memulai memasukkan sekotak serangga" untuk Morris agar dapat diidentifikasikan dan dipelajari.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Media, Kompas Cyber (2020-03-11). "Gara-gara Tanduk, Lady Gaga Dijadikan Nama Serangga Spesies Baru Halaman all". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2022-12-15. 
  2. ^ Andrew, Scottie. "There's a new insect named for Lady Gaga, and it's every bit as otherworldly as the pop diva". CNN. Diakses tanggal March 13, 2020. 
  3. ^ "An honor fit for a pop diva: New insect named for Lady Gaga". The Mercury News (dalam bahasa Inggris). March 12, 2020. Diakses tanggal March 13, 2020.