Kadmeía

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kadmia)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Reruntuhan Kadmeía.

Kadmea, atau Kadmeía (bahasa Yunani: Καδμεία), merupakan sebuah benteng kuno di Thiva, Yunani, yang namanya diambil dari Kadmos, pendiri legendaris Thiva. Daerah ini diperkirakan telah diselesaikan sejak setidaknya awal Zaman Perunggu, meskipun sejarah penyelesaian hanya dapat dieprcaya dari periode Mykenai akhir (skt. 1400 SM).

Periode klasik[sunting | sunting sumber]

Peta Topografi Thiva Kuno yang menunjukkan lokasi Kadmeía
Situs Kadmeía pada tahun 2016

Pada periode klasik dan awal Helenistik, Kadmeía memiliki tujuan yang sama dengan Akropolis Athena, banyak bangunan umum terletak di sana, dan majelis Thiva dan Konfederasi Boiotia diperkirakan telah bertemu di sana. Selama masa Sparta (382-379/2 SM) dan pekerjaan Makedonia di Thiva, garnisun asing ditempatkan di Kadmeía.

Penghancuran dan pembangunan kembali[sunting | sunting sumber]

Kadmeía dihancurkan pada tahun 335 SM oleh Aleksander Agung, yang meluluh-lantakkan kota Thiva sebagai peringatan ke kota-kota Yunani lainnya yang merenungkan pemberontakan melawan pemerintahannya. Kassandros, jenderal Makedonia yang mewarisi kekayaan teritorial Yunani Aleksander setelah kematiannya, membangun kembali Kadmeía pada tahun 316 SM.

Arti alternatif Kadmeía[sunting | sunting sumber]

Kadmeía juga merupakan nama kuno untuk kalamin atau seng karbonat. Dikombinasikan dengan tembaga, ini digunakan pada zaman kuno untuk produksi kuningan, seperti yang disebutkan, misalnya, oleh penulis Romawi, Plinius yang Tua. Unsur, kadmium (Cd), pada tahun 1817, pertama kali diisolasi dari kotoran pada kalamin; Dengan demikian, namanya kadmium.