Juan Díaz Covarrubias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Juan Díaz Covarrubias
(Xalapa, 1837 – Kota Meksiko, 1859).
(Xalapa, 1837 – Kota Meksiko, 1859).
Lahir27 Desember 1837
MEX Xalapa, Meksiko
Meninggal11 April 1859
(Umur 22)
Kota Meksiko, Meksiko
PekerjaanPolitisi, Pujangga
PeriodeRomantisisme
Tanda tangan

Juan Díaz Covarrubias (27 Desember 1837 - 11 April 1859) adalah seorang penulis dan pujangga Meksiko berideologi liberal. Dia adalah salah satu dari martir - martir Tacubaya, yang dieksekusi pada saat perang reformasi di Meksiko.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Diaz Covarrubias lahir di Xalapa, Veracruz pada tanggal 27 Desember 1837. Ayahnya, adalah seorang penyair yang bernama José de Jesús Díaz, memiliki pengaruh artistik terhadapnya, hal ini disebabkan adanya adat untuk memiliki tertulia di rumah - rumah. Pada 1848 ia pindah bersama keluarganya ke Kota Meksiko dan mendaftar di sekolah San Juan de Letrán school [es] untuk mempelajari filsafat dan bahasa Latin. Ia berteman dengan mahasiswa hukum yang bernama Manuel Mateos yang merupakan saudara laki-laki dari Juan Antonio Mateos [es] - dan Ignacio Manuel Altamirano. Dia adalah murid Ignacio Ramirez.[1]

Terlepas dari minatnya dalam literatur dan persyairan, pada tahun 1852 Diaz Covarrubias mulai belajar untuk karier kedokterannya. Dia bergabung dengan Partai Liberal Meksiko dan secara bersamaan menerbitkan artikel dan puisinya pada koran El Monitor Republicano, El Siglo Diez y Nueve and the Diario de Avisos.

Dia mendengar rumor mengenai pertempuran antara tentara liberal dan tentara konservatif di Tacubaya, dia pergi ke medan pertempuran untuk menawarkan bantuan medis kepada tentara Santos Degollado. Pertempuran Tacubaya yang dia datangi, dimenangi oleh pasukan konservatif yang dikomandoi oleh Leonardo Márquez. Setelah pertempuran tersebut Jendral Miguel Miramón memerintahkan supaya pejabat - pejabat Liberal yang ada untuk dieksekusi, eksekusi ini dilakukan oleh tentara - tentara Leonardo Márquez, selain pejabat - pejabat liberal yang dieksekusi, mereka juga mengeksekusi masyarakat sipil, dokter dan tentara.

Covarrubias dan kawannya Mateos meninggal di paredón (tembok eksekusi) di Tacubaya, Kota Meksiko pada tanggal 11 April 1859. Penembakan Diaz Covarrubias dan Martir - Martir Tacubaya dikritik dengan keras Francisco Zarco pada El Siglo Diez y Nueve. Manuel Acuña menjuluki Diaz Covarrubias sebaga "Pujangga Martir".

Pada tanggal 20 Mei 1938 kota San Juan Sugar di Hueyapa de Ocampo, Veracruz dinamakan menggunakan namanya sebagai penghargaan.[2]

Sampul buku Karya Juan Díaz Covarrubias, 1902.

Karya[sunting | sunting sumber]

Karya - karyanya termasuk kepada gaya Romantisisme. karyanya juga menjadi pelopor novel fiksi sejarah Meksiko. Seumur hidupnya, ia menulis banyak puisi, beberapa cerita dan tiga novel, karya - karyanya adalah:

  • Gil Gómez el insurgente (Gil Gómez si pemberontak)
  • La clase media (Kelas setengah - setengah)
  • El diablo en México (Setan Meksiko)
  • La azucena y la violeta (Lili dan Violet)
  • La sensitiva (Si Gadis Sensitif)
  • Episodio juvenil (Episode Juvenil)

Pada tahun 1959, pada peringatan 100 kematiannya, sejarawan Clementina Diaz y de Ovarando, merangkum karya - karyanya

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Huerta, 1993; 211
  2. ^ "Realizan homenaje póstumo al poeta Juan Díaz Covarrubias". Noticias Perfil de Veracruz. 24 January 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2012. Diakses tanggal 12 July 2012.