Joseph Đỗ Mạnh Hùng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Joseph Đỗ Mạnh Hùng (lahir 15 September 1957) adalah seorang uskup agung Keuskupan Agung Kota Ho Chi Minh dari 2016 sampai 2019 dan uskup Keuskupan Phan Thiet sejak tahun 2019. Sebelum pengangkatanya, ia menjabat sebagai kanselir dari keuskupan agung itu dan sekretaris Uskup Agung Paulus Bui Van Doc dari Kota Ho Chi Minh.

Lahir tahun 1957 di Saigon, sekarang Kota Ho Chi Minh, ia memasuki Seminari Saigon tahun 1968 dan selesai studinya di seminari tinggi tahun 1982.

Dia bekerja di peternakan milik pemerintah dan koperasi dan menyelesaikan kursus bahasa Perancis dan bahasa Inggris di malam hari di sebuah universitas lokal sebelum ia ditahbiskan menjadi imam tahun 1990.

Ia belajar teologi di Institut Catholique de Paris di Prancis tahun 1993 hingga 1998 dan memperoleh gelar Master teologi.

Saat kembali ke Vietnam, Pastor Hung mengajar di Seminari St. Joseph dan juga menjabat sebagai wakil rektor di sana. Dia juga bekerja sebagai sekretaris Komisi Klerus dan Seminaris Konferensi Waligereja Vietnam.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]