Jokūbas Šernas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jokūbas Šernas

Jokūbas Šernas pronunciation (14 Juni 1888 – 31 Juli 1926) adalah seorang jaksa, jurnalis, guru, dan bankir Lituania, salah satu dari dua puluh penandatangan dari Undang-Undang Kemerdekaan Lituania.

Lahir di Biržai, ia belajar hukum di Universitas St. Petersburg, lulus pada 1914. Setelah pulang ke Lituania, ia bekerja di Vilnius untuk berbagai sebab politik yang terpusat pada kemerdekaan, dan mengajar di Gimnasium Vilnius, serta menyunting Lietuvos žinios (Kabar Lituania). Ia membantu mengorganisir Konferensi Vilnius, dan terpilih pada Dewan Lituania, yang menandatangani UU pada 1918.

Setelah merdeka, Šernas menjabat dalam organisasi-organisasi yang bekerja untuk mendirikan lembaga-lembaga demokratis di negara baru tersebut, termasuk Kementerian Dalam Negeri. Ia mendirikan dan menyunting jurnal Savivaldybės (Pemerintahan Sendiri), dan diangkat menjadi direktur Bank Perdagangan dan Industri.

Ia adalah ayah dari pemeran Jacques Sernas, tetapi meninggal di Kaunas pada 1926, hanya setahun setelah putranya lahir pada 1925. Ia dikebumikan di pemakaman Nemunėlio Radviliškis

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • " Šernas, Jokūbas". Encyclopedia Lituanica V: 123. (1970-1978). Ed. Simas Sužiedėlis. Boston, Massachusetts: Juozas Kapočius. LCC 74-114275.