John Lightfoot

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
John Lightfoot

John Lightfoot (lahir di Stoke-on-Trent, Inggris, 29 Maret 1602  – meninggal di Ely, Inggris, 6 Desember 1675 pada umur 73 tahun) adalah seorang gerejawan dan sarjana rabinik asal Inggris, yang pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Universitas Cambridge dan Master di St Catharine College, Cambridge.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ia lahir di Stoke-on-Trent, putra dari Thomas Lightfoot, vikaris Uttoxeter, Staffordshire. Ia dididik di Morton Green dekat Congleton, Cheshire, dan di Christ's College, Cambridge,[1] dimana ia dianggap sebagai orator terbaik di kalangan mahasiswa. Setelah mengambil gelar sarjana ia menjadi asisten guru di Sekolah Repton di Derbyshire; setelah menerima perintah, ia diangkat menjadi pendeta kurator di "Norton-under-Hales" (yaitu Norton di Hales) di Shropshire. Di sana ia menarik perhatian Sir Rowland Kapas, seorang Hebraist amatir, yang membuatnya pendeta chaplain domestik di Bellaport. Tak lama setelah kepergian Sir Rowland ke London, Lightfoot, meninggalkan niat untuk pergi ke luar negeri, menerima tugas di Stone, Staffordshire, di mana ia meneruskannya selama sekitar dua tahun. Dari Stone dia dipindahkan ke Hornsey, dekat London, agar menjadi pembaca di perpustakaan Sion College.

Pada bulan September tahun 1630 ia diajukan oleh Cotton menjadi rektor di Ashley, Staffordshire, di mana ia tinggal sampai Juni 1642. Dia kemudian pergi ke London, mungkin untuk mengawasi penerbitan karyanya, A Few and New Observations upon the Book of Genesis: the most of them certain; the rest, probable; all, harmless, strange and rarely heard of before ("Beberapa Pengamatan Baru pada Kitab Kejadian: sebagian besar dari mereka sudah pasti; sisanya, kemungkinan; semua, tidak berbahaya, aneh dan jarang terdengar sebelumnya"). Segera setelah kedatangannya di London, ia menjadi pendeta (minister) di gereja St Bartholomew, dekat Exchange.

Lightfoot adalah salah satu anggota asal Westminster Assembly; karyanya "Journal Proceedings of the Assembly of Divines from January 1, 1643 to December 31, 1644" adalah sumber sejarah berharga untuk periode singkat yang dicatatnya. Ia tekun dalam kehadirannya, dan, meskipun sering berdiri sendiri dalam pendapat, terutama dalam kontroversi Erastian, dia memberi pengaruh yang cukup besar pada hasil diskusi Assembly.

Ia diangkat menjadi Master Catharine Hall (berganti nama menjadi St Catharine College) oleh pengunjung parlementari dari Cambridge pada tahun 1643, dan juga, atas rekomendasi dari Assembly, dipromosikan menjadi rektor di Much Munden, Hertfordshire; ia terus menjabat kedua posisi ini sampai kematiannya.

Pada tahun 1654 Lightfoot dipilih menjadi Wakil Kanselir Universitas Cambridge, tetapi terus tinggal di Munden, di rektori yang, seperti halnya dalam masteri di Catharine Hall, dia dikukuhkan pada Restorasi.

Saat bepergian dari Cambridge ke Ely, di mana dia telah dikolasi pada tahun 1668 oleh Sir Orlando Bridgeman ke dalam suatu prebendal stall, dia terkena masuk angin yang parah, dan meninggal di Ely. Lightfoot mewariskan perpustakaannya yang terdiri dari buku-buku dan dokumen Perjanjian Lama ke Universitas Harvard. Dokumen-dokumen itu hancur dalam kebakaran besar pada tahun 1764.

Karya[sunting | sunting sumber]

Karyanya diterbitkan pertama, berjudul Erubhin, atau Miscellanies, Christian dan Judaical, ditulis dalam waktu luang dan didedikasikan kepada Cotton, muncul di London pada tahun 1629.

Pada 1643 Lightfoot menerbitkan A Handful of Gleanings out of the Book of Exodus. ("Segenggam Mutiara dari Kitab Keluaran"). Juga pada tahun 1643 ia ditunjuk untuk menyampaikan khotbah di hadapan House of Commons pada kesempatan puasa publik tanggal 29 Maret. Kotbah itu diterbitkan dengan judul Elias Redivivus, teks dari Lukas 1. 17; dalam hal ini paralel ditarik antara pelayanan Yohanes Pembaptis dan pekerjaan reformasi yang dalam penilaian sang pengkhotbah sedang dilakukan oleh parlemen pada masanya.

Pada 1644 angsuran pertama dari sebuah pekerjaan yang tidak terselesaikan diterbitkan di London. Judul lengkapnya adalah The Harmony of the Four Evangelists among themselves, and with the Old Testament, with an explanation of the chiefest difficulties both in Language and Sense: Part I. From the beginning of the Gospels to the Baptism of our Saviour ("Harmoni dari Empat Penginjil di antara mereka sendiri, dan dengan Perjanjian Lama, dengan penjelasan mengenai kesulitan-kesulitan utama baik dalam Bahasa dan Makna: Bagian I. Dari awal Injil sampai kepada Baptisan Juruselamat kita"). Bagian kedua, From the Baptism of our Saviour to the first Passover after ("Dari Baptisan Juruselamat kita sampai Paskah pertama sesudahnya"), menyusul pada tahun 1647, dan bagian ketiga, From the first Passover after our Saviour's Baptism to the second ("Dari Paskah pertama setelah Baptisan Juruselamat kita sampai yang kedua"), pada tahun 1650. Pada tanggal 26 Agustus 1645 dia berkhotbah lagi di hadapan House of Commons pada hari puasa bulanan mereka. Teks-nya dari Wahyu 20:1, 2.

Dalam buku-buku ini dia menggunakan tarikh Penciptaan tahun 3929 SM (lihat Kronologi Ussher). Pemahaman Lightfoot yang lebih tepat telah dirancukan oleh kesalahan pengutipan tulisannya pada tahun 1896 yang dikutip oleh Andrew Dickson White.

Lightfoot menolak doktrin sekte milenarian sekte, dan memberikan berbagai saran praktis untuk melawan "hujatan" (ajaran-ajaran sesat) pada masa itu, untuk revisi menyeluruh dari versi resmi Kitab Suci, untuk dorongan seorang pelayan gereja yang terpelajar, dan untuk penyelesaian cepat dari gereja. A Commentary upon the Acts of the Apostles, ironic and critical; the Difficulties of the text explained, and the times of the Story cast into annals. From the beginning of the Book to the end of the Twelfth Chapter. With a brief survey of the contemporary Story of the Jews and Romans (down to the third year of Claudius) ("Suatu Komentari mengenai Kisah Para Rasul, ironis dan kritis; Kesulitan-kesulitan teks dijelaskan, dan waktu-waktu Kisah ditempatkan dalam catatan sejarah. Dari awal Kitab sampai akhir Pasal Dua Belas. Dengan survei singkat Kisah kontemporer dari orang-orang Yahudi dan Romawi (sampai pada tahun ketiga Claudius)") diterbitkan akhir tahun itu. Pada tahun 1647 terbit The Harmony, Chronicle, and Order of the Old Testament ("Harmoni, Tawarikh, dan Urutan Perjanjian Lama"), diikuti pada tahun 1655 oleh The Harmony, Chronicle, and Order of the New Testament ("Harmoni, Tawarikh, dan Urutan Perjanjian Baru"), ditulis untuk Cromwell.

Dia membantu Brian Walton untuk Alkitab Poliglot  (1657). Karyanya sendiri yang paling terkenal adalah Horae Hebraicae et Talmudicae (Hor. Ibr. et Talm.), di mana volume yang berkaitan dengan Injil Matius muncul pada tahun 1658, yang berkaitan dengan Injil Markus pada tahun 1663, dan yang berkaitan dengan Surat 1 Korintus, Injil Yohanes dan Lukas, masing-masing pada tahun 1664, 1671 dan 1674.

Horae Hebraicae et Talmudicae impensae di Acta Apostolorum et Ep. S. Pauli ad Romanos diterbitkan secara anumerta.

Edisi[sunting | sunting sumber]

Works of Lightfoot ("Karya-karya Lightfoot") pertama kali diedit, dalam 2 jilid folio, oleh George Bright dan John Strype pada tahun 1684.

Opera Omnia, cura Joh. Texelii, muncul di Rotterdam pada tahun 1686 (2 jilid. fol.), dan lagi, diedit oleh Johann Leusden, di Franeker pada tahun 1699 (3 jilid. 101.). Satu volume Remains diterbitkan di London pada tahun 1700.

Hor. Ibr. et Talm. juga diedit dalam bahasa Latin oleh Johann Benedict Carpzov (Leipzig, 1675-1679), dan lagi, dalam bahasa inggris, oleh Robert Gandell (Oxford, 1859).

Edisi paling lengkap adalah Whole Works ("Seluruh Karya"), dalam 13 jilid. 8vo. diedit, dengan catatan kehidupannya, oleh John Rogers Pitman (London, 1822-1825). Ini termasuk, selain karya-karya yang sudah diketahui, banyak khotbah-khotbah, surat-surat dan tulisan-tulisan lain, dan juga The Temple, especially as it stood in the Days of our Saviour ("Bait Suci, terutama karena sebagaimana berdiri pada Masa-masa Juruselamat kita") (London, 1650).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Lightfoot, John (LTFT617J)". A Cambridge Alumni Database. University of Cambridge. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]