Johannes Falnes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Johannes Falnes
Lahir15 Desember 1931
Skudenes,Norwegia
Tempat tinggalNorwegia
KebangsaanNorwegia
Warga negaraNorwegia
Almamater[[Institut Teknologi Norwegia
]]
Karier ilmiah
BidangEksperimen fisika
Energi gelombang
InstitusiNorwegian University of Science and Technology

Johannes Falnes (lahir pada 15 Oktober 1931) adalah seorang Profesor Emeritus Percobaan Fisika pada Jurusan Fisika dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia untuk mencatat kontribusi untuk penelitian energi gelombang. Dia adalah salah satu pelopor peneliti energi gelombang modern. }}

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Falnes menerima gelar master dan doktor dari Institut Teknologi Norwegia.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Falnes menghabiskan kariernya di Institut Teknologi Norwegia (1956-1959), CERN (1959-1961), Universitas Bergen (1961-1964), Institut Teknologi Norwegia/Universitas Sains dan Teknologi Norwegia (1965-2001), dan SINTEF (1966-1972) sebelum pensiun pada tahun 2002. Bagaimanapun juga, ia masih aktif.

Penelitian utama Falnes telah menarik perhatian dalam energi gelombang laut dan pemanfaatannya. Bersama-sama dengan Kjell Budal, ia memulai penelitian gelombang energ di Norwegia pada tahun 1970-an. Falnes dan Budal menemukan apa yang disebut efek antena, di mana titik apung absorber secara teoretis bisa menyerap jauh lebih banyak gelombang energi dari laut daripada yang langsung pada geometri sehingga dianalogikan dengan antena radio kemampuan untuk menyerap gelombang radio.[2] Mereka juga mengembangkan penempelan strategi kontrol untuk memaksimalkan ekstraksi energi.[3]

Pada bulan Desember 2006, seminar bertajuk Challenges for Wave Energy Technology/Tantangan untuk Teknologi Energi Gelombang didedikasikan sebagai penghargaan kepada Falnes pada ulang tahun ke-75nya. Seminar ini diadakan di Trondheim, Norwegia. Para ahli gelombang energi seperti Stephen Salter (Universitas Edinburgh), Antonio Falcão (Instituto Superior Técnico), Alain Clément (École centrale de Nantes), dan Richard Yemm (Ocean Power Delivery) membahas berbagai topik dalam seminar ini.[4]

Falnes adalah anggota dari Masyarakat Sains dan Surat Kerajaan Norwegia[5] dan Akademi Sains Teknologi Norwegia.[6]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Hiburannya antara lain mendaki dan ski lintas alam.

Publikasi yang Dipilih[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Peaks and troughs of wave energy: the dreams and the reality - speaker biographies". royalsociety.org. Diakses tanggal 24 October 2011. 
  2. ^ "The economics and technology of taming Atlantic waves". waveenergy.ie. Diakses tanggal 22 December 2009. 
  3. ^ Drew, B.; Plummer, A. R.; Sahinkaya, M. N. (2009). "A review of wave energy converter technology". Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part A: Journal of Power and Energy. 223: 887–902. 
  4. ^ "Challenges for Wave Energy Technology". cesos.ntnu.no. Diakses tanggal 22 December 2009. 
  5. ^ "Akademimedlemmer, Fysikk" (dalam bahasa Norwegian). Royal Norwegian Society of Sciences and Letters. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-10-09. Diakses tanggal 20 July 2016. 
  6. ^ "Medlemmer: FALNES, Johannes" (dalam bahasa Norwegian). Norwegian Academy of Technological Sciences. Diakses tanggal 4 December 2012.