Johann Jakob Guggenbühl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Guggenbühl.jpg

Johann Jakob Guggenbühl (1816 - !863) adalah dokter berkebangsaan Swiss yang merupakan pencetus perawatan kelembagaan untuk orang-orang yang secara mental terbelakang. Setelah penelitian cretinisme yang ekstensif, Guggenbühl mendirikan sebuah rumah sakit dan sekolah untuk anak-anak yang secara mental terbelakang, bernama Abendberg, di pegunungan Swiss. Di sana ia menyusun beragam kegiatan untuk murid-murid nya, berupa program yang menggabungkan hidup yang sehat, makanan yang baik, dan obat-obatan, dengan program pendidikan yang menekankan pelatihan kognitif, sensori, dan fisik. Guggenbühl menganggap bahwa para siswanya, khusus nya mereka yang masuk sekolah nya pada usia dini, menunjukan kemajuan didalam perkembangan fisik dan mental.[1]

Guggenbühl menerbitkan hasil-hasilnya secara luas, dan berbagai lembaga serupa didirikan dibanayak negara Eropa dan di Amerika Serikat.

Guggenbühl banyak dibutuhkan masyarakat dan sering kali pergi dari Abendberg untuk waktu yang lama. Seringnya ditinggal pbantu ergi ini, akibatnya lembaga tersebut dikelola dengan kurang baik, situasi tersebut menimbulkan masalah yang sehubungan dengan harapan tinggi Guggenbühl menyebabkan ditutupnya Abendberg dan keluarnya si pendiri dengan rasa malu. Meskipun demikian, sumbangan Guggenbühl patut diingat. Ia menjalankan perawatan kelembagaan bagi orang yang secara mental terbelakang, ia menunjukan bahwa orang muda yang secara mental terbelakang dapat dibantu untuk berkembang secara fisik maupun secara mental, ia mengembangkan suatu sistem perawatan dan pendidikan yang berguna sebagai teladan di seluruh dunia barat.

Referensi:[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF (2014). Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 198.