Johann Albrecht dari Mecklenburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Adipati Johann Albrecht dari Mecklenburg

Johann Albrecht dari Mecklenburg (lahir di Schwerin, 8 Desember 1857 – meninggal di Lübstorf, 16 Februari 1920 pada umur 62 tahun) adalah Wali Adipati Mecklenburg-Schwerin antara tahun 1897-1901. Setelah itu, ia menjadi Wali Adipati Braunschweig antara tahun 1907-1913.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Johann Albrecht adalah putera ke-6 Adipati Friedrich Franz II dari isteri pertamanya Auguste dari Reuß-Köstritz. Setelah mangkatnya kakaknya Adipati Friedrich Franz III, Johann Albrecht diangkat sebagai adipati atas nama keponakannya Friedrich Franz IV. Setelah Friedrich Franz IV cukup umur, Johann Albrecht mengundurkan diri pada tahun 1901. Pada tanggal 28 Mei 1907, Johann Albrecht menjadi wali adipati di Braunschweig, setelah Pangeran Albrecht mangkat.

Adipati Johann Albrecht dari Mecklenburg berfoto bersama Pakubuwana X dari Surakarta.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Johann Albrecht menikah 2 kali. Pernikahan pertamanya berlangsung pada tanggal 6 November 1886 di Weimar dengan Elisabeth Sybille dari Sachsen-Weimar-Eisenach, puteri Karl Alexander dari Sachsen-Weimar-Eisenach. Setelah isteri pertamanya mangkat, ia menikah lagi dengan Elisabeth dari Stolberg-Roßla. Dari kedua pernikahan itu, Johann Albrecht tidak memiliki seorang anakpun.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

WendischeKrone.Order.gif Orde Wangsa Mahkota Wendish