Jinpyo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jinpyo
Hangul
진표
Hanja
眞表
Alih AksaraJinpyo
McCune–ReischauerChinp'yo


Jinpyo (abad ke-8) merupakan seorang biarawan dari Dinasti Silla, Korea. Ia dilahirkan baik di Geumsan atau di Samcheok. Namanya berarti "Simbol kebenaran."

Menurut kisah di Goseungjeon ("Kisah Para Biarawan Tua"), Jinpyo merupakan seorang pemanah dan pemburu yang baik sebagai seorang anak, dan suatu hari ia mengikat kaki seekor katak dengan ranting sebelum pergi ke atas gunung. Ketika berburu, ia lupa tentang katak tersebut. Setahun kemudian, ia mendengar suara tangisan, dan kembali ke tempat yang sama; terdapat seekor katak disana, masih terikat dan menangis. Pada saat itu, Jinpyo yang berusia 12 tahun menjadi seorang biarawan dan bergabung di dalam kuil Geumsansa.

Jinpyo dikatakan telah bertemu Maitreya Buddha di Yeongsansa setelah bertahun-tahun bermeditasi. Sebelumnya, ia konon bertemu dengan bodhisattva yang lain, termasuk Bodhisattva Manjusri di lereng Odaesan pada tahun 740. Setelah pembukaan Maitreya, Jinpyo diundang ke istana Silla. Ia diberikan dana yang berlimpah, yang didistribusikan ke kuil-kuil Buddha.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]