Jembatan Mahkota IV

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jembatan Mahkota IV
Moda transportasiKendaraan R4, dan R2
MelintasiSungai Mahakam
LokalSamarinda, Kalimantan Timur
Nama resmiJembatan Mahkota IV
Karakteristik
Panjang total220 meter
Sejarah
Mulai dibangun2012
Dibuka2020
Statistik
TolTidak berbayar

Jembatan Mahkota IV (Mahkota: Mahakam Kota) adalah jembatan yang menghubungkan Samarinda Kota dengan Samarinda Seberang di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Jembatan sepanjang 220 meter ini juga dikenal dengan sebutan Jembatan Kembar karena lokasinya yang persis berada di sisi Jembatan Mahakam/ Jembatan Mahkota I.

Pembangunan[sunting | sunting sumber]

Proyek pembangunan Jembatan Mahkota IV dimulai pada tahun 2012 dengan anggaran Rp 640 Miliar dari APBD Kalimantan Timur 2012-1013 dengan tambahan Rp 24 Miliar melalui APBD Perubahan 2019. Panjang bentang utama jembatan ini yakni 220 meter, lebar 16,9 meter dan tinggi 22 meter. Pembangunanya sempat terhenti dan terhambat dana. Ditargetkan selesai pembangunan tahun 2016, jembatan yang dibangun ke-4 di Kota Samarinda ini baru tersambung pada awal tahun 2019 dan resmi selesai pembangunannya pada akhir 2019. Keseluruhan proyek ini yang dikerjakan oleh PT. Waskita Karya, PT. Surya Bakti, PT. Pembangunan Perumahan, PT. Jaya Kontruksi, PT. Modern Technical, PT. Mitra Mandiri dan PT. Indulexco.

Pembukaan[sunting | sunting sumber]

Jembatan Mahkota IV dibuka untuk uji coba selama satu bulan mulai 2 Januari 2020[1] ditandai dengan dilanyalakannya lampu tematik oleh oleh Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. Sebelumnya pada 20 Desember 2019 pemerintah telah melakukan uji beban untuk mendapatkan sertifikat laik fungsi. Jembatan ini terbagi menjadi tiga lajur,[2] 1 lajur untuk kendaraan roda 4 kecuali truk bertonase lebih dari 8 Ton dan 2 lajur untuk kendaraan roda 2. Semua lajur diperuntukan untuk kendaraan dari arah Samarinda Kota menuju Samarinda Seberang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]