Jemaa el-Fnaa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jemaa el-Fnaa

Jemaa el-Fnaa (bahasa Arab: ساحة جامع الفناءSāḥat Jamāʾ al-Fanāʾ) adalah sebuah alun-alun dan tempat pasar di kawasan medina Marrakesh (kota tua). Itu tetap alun-alun utama Marrakesh, digunakan oleh penduduk setempat dan wisatawan.

Asal usul namanya tidak jelas: jamaa berarti "jemaah" atau "masjid" dalam bahasa Arab, mungkin merujuk pada masjid yang dihancurkan di situs tersebut. Fnaʼ atau fanâʼ dapat berarti "kematian/kepunahan" atau "sebuah halaman, ruang di depan sebuah bangunan". "finâʼ dalam bahasa Arab umumnya berarti" area terbuka "; terjemahan langsungnya akan menjadi "area berkumpul/berjamaah". Arti lain dapat berupa "Perakitan kematian,"atau "Masjid di Akhir Dunia".[1] Penjelasan lain adalah bahwa itu merujuk pada sebuah masjid dengan halaman atau alun-alun yang berbeda di depannya.[2] Terjemahan ketiga adalah "kumpulan orang mati", merujuk pada eksekusi publik di plaza sekitar 1050 Masehi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Mosque at the End of the World, Tahir Shah, BBC Radio 3, 10 April 2010
  2. ^ ""Jam'a al-Fnaa Square: a large square surrounded by mysteries" (Arabic)". Newspaper. Mararakech Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 March 2012. Diakses tanggal 28 April 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]