Jeannette Piccard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jeannette Piccard
Waist high portrait of a woman in her late thirties, with some dark shoulder-length hair visible, smiling, with her right hand raised. She is wearing a tweed overcoat and has emerged from the gondola which is visible behind her.
Piccard dan Abad Kemajuan di Cadiz, Ohio, setelah penerbangannya yang memecahkan rekor, 1934
LahirJeannette Ridlon
(1895-01-05)5 Januari 1895
Chicago, Illinois, AS.
Meninggal17 Mei 1981(1981-05-17) (umur 86)
Minneapolis, Minnesota, AS.
Almamater
Pekerjaan
  • Pilot balon udara
  • ilmuwan
  • pendeta
Dikenal atas
  • Pilot balon wanita berlisensi pertama di AS
  • Wanita pertama yang terbang ke stratosfer
  • Salah satu penemu balon plastik
  • Wanita pertama yang ditahbiskan sebagai imam Episcopal di AS
Suami/istri
(m. 1919)
Anak3, termasuk Don

Jeannette Ridlon Piccard (/əˈnɛt pɪˈkɑːr/ jə-NET-_-PIH-kar; 5 Januari 1895 – 17 Mei 1981) adalah seorang penerbang balon udara Amerika, dan di kemudian hari seorang imam Episkopal. Dia memegang rekor penerbang balon udara tertinggi wanita selama hampir tiga dekade, dan menurut beberapa catatan kontemporer dianggap sebagai wanita pertama di luar angkasa.[1]

Piccard adalah pilot balon wanita berlisensi pertama di AS, dan wanita pertama yang terbang ke stratosfer. Ditemani suaminya, Jean—anggota keluarga balon udara Piccard dan saudara kembar Auguste Piccard—ia mencapai ketinggian 17,5 km selama penerbangan pemecahan rekor di atas Danau Erie pada 23 Oktober 1934, mengendalikan kontrol balon untuk seluruh penerbangan. Setelah kematian suaminya pada tahun 1963, ia bekerja sebagai konsultan direktur Johnson Space Center NASA selama beberapa tahun, berbicara kepada publik tentang pekerjaan NASA, dan secara anumerta dilantik ke dalam International Space Hall of Fame pada tahun 1998.

Sejak akhir 1960-an dan seterusnya, Piccard kembali ke minat masa kecilnya pada agama. Dia ditahbiskan sebagai diakon Gereja Episkopal pada tahun 1971, dan pada tanggal 29 Juli 1974, menjadi salah satu dari Philadelphia Eleven, wanita pertama yang ditahbiskan menjadi imam—meskipun penahbisan itu dianggap tidak teratur karena dilakukan oleh para uskup yang telah pensiun atau mengundurkan diri.[2] Piccard adalah wanita pertama yang ditahbiskan hari itu, karena pada usia 79-nya merupakan yang tertua, dan karena dia semangat mencapai ambisi yang dia miliki sejak dia berusia 11 tahun. Ketika ditanya oleh Uskup John Allin, kepala gereja, untuk tidak melanjutkan upacara, dia mengatakan kepadanya, "Sonny, saya sudah cukup tua untuk mengganti popok Anda".[3] Pada bulan September 1976, gereja memilih untuk mengizinkan wanita menjadi imam, dan Piccard melayani sebagai imam di Saint Paul, Minnesota, sampai dia meninggal pada usia 86.[4] Salah satu cucunya, Kathryn Piccard, juga seorang imam Episkopal, berkata tentang dia: "Dia ingin memperluas gagasan tentang apa yang dapat dilakukan seorang wanita terhormat. Dia memiliki citra wanita tua yang bijaksana".[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Shayler & Moule, pp. 12, 25–26
  2. ^ The path to priesthood . . . "The Philadelphia Eleven" Diarsipkan September 29, 2007, di Wayback Machine., Diocese of Easton, accessed February 25, 2010.
  3. ^ a b Goldman, Ari L. (July 30, 1994). "Religion Notes". The New York Times. Diakses tanggal February 23, 2010. 
  4. ^ The Episcopal Handbook, Church Publishing Inc., 2008, p. 111.