Jeanne Baret

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jeanne Barret Madlla Bare.jpg

Jeanne Baret (27 Juli 1740-5 Agustus 1807) adalah anggota ekspedisi Louis Antoine de Bougainville pada kapal La Boudeuse dan Etoile pada tahun 1766-1769. Ia diakui sebagai wanita pertama yang menyelesaikan perjalanan keliling dunia.[1]

Jeanne Baret bergabung dengan ekspedisi dengan menyamar sebagai seorang pria, menyebut dirinya Jean Baret. Dia mendaftar sebagai pelayan dan asisten naturalis ekspedisi, Philibert Commerson (diinggriskan sebagai Commerson), tak lama sebelum kapal Bougainville berlayar dari Prancis. Menurut akun Bougainville, Baret sendiri adalah seorang ahli botani.

Keahlian[sunting | sunting sumber]

Jeanne Baret adalah seorang ahli botani yang memainkan peran kunci dalam mengidentifikasi ratusan spesies tumbuhan. Ketika ia mengawali ekspedisi Etoile pada tahun 1766, ia mencari tanaman. Kekasihnya, Philibert Commerson adalah seorang ahli botani terkenal pada saat itu dan telah dipilih untuk menjadi bagian dari ekspedisi keliling dunia penjelajah Prancis Louis Antoine de Bougainville dari tahun 1766-69.[2] Baret menemukan banyak tanaman dalam ekspedisi tersebut. Terdapat tanaman yang diberi nama tanaman bugenvil, dinamai sesuai nama komandan Etoile. Pada saat mengidentifikasi bersama kekasihnya di Madagaskar, mereka menemukan tanaman dan menamainya genus Baretia. Ketika di Uruguay pada Februari 1767, pasangan ini mulai menjalankan misi botanisasi, mengumpulkan lebih dari 6.000 spesimen dalam dua tahun.[3] Koleksi spesies tanaman yang telah diklasifikasi dapat ditemukan di herbarium museum sejarah alam Paris, meskipun hanya sedikit yang menggunakan nama Jeanne.

Akhir Hidup[sunting | sunting sumber]

Pada musim semi 1768, rekan-rekan kapal Baret telah mengetahui identitas aslinya dan disarankan berpura-pura menjadi korban pelecehan seksual. Ia dan Commerson turun di Mauritius dan melanjutkan penelitian botani mereka di sana sampai kematiannya pada 1773. Kemudian ketika terdampar di Samudra Hindia, Baret menikah dengan seorang perwira Prancis dan kembali bersamanya ke Prancis. Pada 1785, ia menerima pensiun pemerintah untuk pekerjaannya dengan Commerson. Ia meninggal pada 1807 pada usia 67 tahun.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Clode, Danielle. "Friday essay: who was Jeanne Barret, the first woman to circumnavigate the globe?". The Conversation (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-20. 
  2. ^ "A Female Explorer Discovered On The High Seas". NPR.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-20. 
  3. ^ a b Cohen, Jennie. "First Woman to Circle the Globe Honored at Last". HISTORY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-03-20.