Jax Jones

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jax Jones
Jax Jones (cropped).jpg
Latar belakang
Nama lahirTimucin Fabian Kwong Wah Aluo
Lahir25 Juli 1987 (umur 32)
London, Inggris
Genre
Pekerjaan
  • DJ
  • Produser Rekaman
  • Penyanyi
  • Penulis Lagu
  • Remixer
LabelPolydor
Artis terkait
Situs webjaxjones.co.uk

Timucin Fabian Kwong Wah Aluo[1] (lahir di London, 25 Juli 1987; umur 32 tahun) yang dikenal secara profesional sebagai Jax Jones, adalah seorang DJ, produser rekaman, penyanyi, penulis lagu dan remixer asal Inggris. Dia terkenal karena single-nya "You Don't Know Me" yang menampilkan Raye, yang mencapai posisi puncak di urutan ketiga UK Singles Chart, "Instruction" yang menampilkan Demi Lovato & Stefflon Don dan tampil di single Duke Dumont, " I Got U" (2014), yang memuncak di nomor satu di UK Singles Chart.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Putra dari dua orang guru, Jax dibesarkan di sebuah rumah tangga multi-etnis. Ayahnya adalah orang Turki dan memberinya nama Timucin. Dia juga keturunan Cina.[2] Setelah ayah tiri Nigerianya memperkenalkannya ke Afrobeat melalui Fela Kuti dan rap dengan rekaman album Biggie Smalls, Jax mendengarkan musik hip hop, R&B, gospel dan musik tradisional Afrika.[3] Ibunya dari Malaysia dan menyukai musik mulai dari Kylie Minogue hingga Luther Vandross yang juga mempengaruhinya.[4] Produser seperti The Neptunes, Timbaland dan Rodney Jerkins membentuk cakrawala musik dan daya tariknya dengan anatomi bagian ritme. Pada awalnya dia belajar gitar klasik dari usia muda, Jax mengambil beat-making pada usia 15 tahun setelah menemukan Cubase di Atari temannya.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McMahon, Milly (27 July 2017). "From The Church To The Grammys: Jax Jones On Taking His UK House Sound Global". Complex (magazine). 
  2. ^ "Jax Jones". BBC. Diakses tanggal 14 July 2016. 
  3. ^ "jax jones: the boy that's anything but blasé". skiddle.com. Diakses tanggal 10 December 2014. 
  4. ^ "Talented Jax Jones finds success with You Don't Know Me". Gulf-Times (dalam bahasa Arab). 2017-02-20. Diakses tanggal 2017-11-01. 
  5. ^ "EarMilk Interview with Jax Jones". earmilk.com. Diakses tanggal 10 December 2014.