Jaromarsburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Jaromarsburg.

Jaromarsburg adalah situs yang digunakan oleh suku Rani (salah satu suku Slavia) untuk memuja dewa Svantovit dari abad ke-9 hingga ke-12. Tempat ini terletak di ujung timur laut pulau Rügen di Tanjung Arkona, Jerman. Situs ini terletak di pinggir tebing yang terjal yang menjorok langsung ke laut. Situs ini juga dilindungi oleh tembok di sisi daratnya. Nama tempat ini diambil dari seorang pangeran Rani, Jaromar I, yang menjadi vasal Raja Denmark, Valdemar I pada tahun 1168 setelah Rügen ditaklukan oleh Denmark.

Dalam beberapa abad terakhir, tebing di Tanjung Arkona telah mengalami erosi secara terus menerus, sehingga yang tersisa dari Jaromarsburg saat ini hanyalah kubu pertahanannya. Dengan tingkat erosi sebesar 10 hingga 20 meter per abad, kemungkinan kubu pertahanan yang masih ada saat ini merupakan sepertiga dari situs Jaromarsburg secara keseluruhan. Hasil penggalian arkeologi kemudian menemukan kuil Svetovid yang sebelumnya diduga telah musnah karena jatuh ke laut. Kuil ini merupakan kawasan berbentuk persegi panjang. Di dalam kuil ini tidak ditemukan artifak sama sekali, tetapi di sekitarnya terdapat beberapa persembahan dan senjata-senjata yang sudah rusak. Hal ini sesuai dengan catatan sejarah Saxo Grammaticus, yang menulis bahwa para pemuka agama di dalam kuil bahkan tidak diperbolehkan bernapas agar tidak menodainya.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Petzsch-Martiny: Wall and gate of temple festivals Arkona. Prähist. Journal XXI, p 237 ff u. 262, 1930
  • Carl Schuchhardt : Arkona, Rethra, Vineta. Berlin 1926th
  • Petzsch: A Viking Fund of Arkona. In: Releases the antiquities collection Greifswald. Volume VII, 1935
  • Astrid Tummuscheit: The stove all errors - The Tempelburg Arkona on the northern tip of Rügen. In: . Archaeological discoveries in Mecklenburg-Vorpommern(= . Archaeology in Mecklenburg-Vorpommern Band 5), State Office for Culture and Preservation, Schwerin 2009, p 157 ff,