Jamil Rostami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Jamil Rostami (kelahiran 1971 di Sanandaj, Kurdistan Province, Iran) adalah seorang sutradara Iran berdarah Kurdi.

Pada 2002, ia membuat film pendek pertamanya yang berjudul The Trouble of Being a Boy dalam bahasa Kurdi, yang ditayangkan di 24 Festival domestik dan internasional dan dianugerahi beberapa penghargaan.

Ia membuat film jangka fitur pertamanya, Requiem of Snow, pada 2005. Fariborz Lachini, salah satu komposer musik Irak terkenal, membuat musik untuk film tersebut. Fotografi filmnya dilakukan oleh Morteza Poursamadi, seorang fotografer Iran. Film tersebut dianugerahi Crystal Simorgh untuk sutradara terbaik dalam sesi Perfilman Asia dan Timur Tengah dari Festival Film Fajr Internasional. Sebagai produksi bersama Iran dan Irak, Requiem of Snow menjadi film pertama yang mewakili Irak dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik (Oscar).

Film terbarunya, Jani Gal, merupakan sebuah drama berbahasa Kurdi, tentang para separatis Kurdi pada 1940an dan 1950 yang berusaha untuk membuat sebuah negara Kurdi dari wilayah-wilayah Iran dan Irak. Film tersebut juga terpilih untuk mewakili Irak dalam kategori Film Berbahasa Asing Terbaik (Oscar).

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]