Jalan Raya Lingkar Minsk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jalan Raya Lingkar Minsk

Jalan Raya Lingkar Minsk atau yang juga dikenal sebagai Jalan Raya M9 adalah sebuah jalan raya di Minsk yang melintasi kira-kira sepanjang perbatasan administratif kota itu. Panjang rutenya adalah 56,2 kilometer.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pembangunan Jalan Raya Lingkar Minsk dimulai pada tahun 1956 dan berakhir pada tahun 1963. Pada mulanya, jalan raya ini merupakan jalan raya kategori ketiga yang memiliki satu jalur di setiap arahnya dengan lebar jalur lalu lintasnya adalah 7,5 meter. Pada tahun 1980, rekonstruksi Jalan Raya Lingkar Minsk dimulai, dengan dibangunnya jalan kategori pertama dengan empat jalur sepanjang 26,8 kilometer, menyisakan 29,4 kilometer untuk jalan raya kategori kedua dengan dua jalur.

Keadaan Saat Ini[sunting | sunting sumber]

Lingkaran kecil berwarna merah menandakan letak Jalan Raya Lingkar Minsk di Belarus

Pada akhir tahun 1990-an jalan menghadapi peningkatan kapasitas dengan intensitas lalu lintas mencapai 16 hingga 18 ribu kendaraan sehari. Pada waktu itu di jalan raya ini terdapat persimpangan jalan, lampu lalu lintas, dan pemberhentian bus. Oleh karena itu, pada tanggal 7 Agustus 2001, Presiden Belarus menandatangani sebuah perintah untuk merekonstruksi jalan raya tersebut. Pekerjaan tersebut ditugaskan untuk diselesaikan pada bulan November 2002.

Jalur yang telah direkonstruksi dibuka pada 7 November 2002. Saat ini Jalan Raya Lingkar Minsk merupakan jalan raya kategori pertama dengan enam arah jalur. Lebar jalan raya ini adalah 29 meter. Sepanjang jalan raya telah dipasang lampu penerangan, tidak ada lampu lalu lintas, dan persimpangan jalan berubah. Kapasitas jalan raya menjadi 85 ribu kendaraan per hari. Kecepatan yang diperkirakan pada jalan raya ini adalah 120 km/jam, namun sekarang kecepatan terbatas pada 90 km/jam. Pembatasan kecepatan lalu lintas ini diberlakukan karena sering terjadi kasus kecelakaan di peralihan jalan pada tempat yang salah. Terlepas dari kenyataan bahwa lebih dari 50 tempat untuk beralih jalan baik di bawah tanah atau pun di atas tanah telah terorganir, dan seluruh jalan yang menuju pusatnya dipasang pagar penghalang dua arah.

Tiga stasiun cuaca beroperasi pada jalur jalan. Pada jalur dari jalan raya dipasang sensor yang dapat membaca status lapisan titik embun, kecepatan dan arah angin, visibilitas, suhu udara, dan parameter lainnya. Semua informasi ini dikirimkan ke pusat ruang kontrol di mana keputusan dibuat dalam memroses bahan lapisan anti-beku. Sensor juga dapat menghitung kecepatan dan intensitas kendaraan di jalan pada tampilan panel informasi elektronik untuk dapat dilihat pengguna jalan.

Jalan Raya M9 sebelum melintasi Jalan Raya Brest

Pada saat rekonstruksi jalan digunakan 680 ribu ton aspal, dipasang pagar penghalang sepanjang 100 kilometer, layar pelindung kebisingan sepanjang 2,4 km layar, dibangun 24 persimpangan jalan, 30 jembatan layang, 6 jalan penyeberangan dan 16 jalan penyeberangan bawah tanah, didirikan 1600 markah jalan, dan 3 stasiun cuaca.

Pada tahun 2006, puncak intensitas laju kendaran di jalan mencapai 50 ribu kendaraan per hari. Sekitar 93,4% dari total laju kendaraan yang melintas jalan terdiri dari mobil dan van, 5,8%-nya terdiri dari truk dan kendaraan peti kemas, dan 0,8%-nya ialah bus. Terdapat 13,3% kendaraan yang melintasi jalan raya ini dengan kecepatan 70 km/jam, 53,4%-nya melaju pada kecepatan 90 km/jam, sementara 33,3%-nya melaju lebih dari 90 km/jam.

Pada tahun-tahun pertama jalan raya ini beroperasi setiap tahunnya memakan 40 korban meninggal dunia. Kemudian diambil langkah untuk mengurangi jumlah kematian.[1]

Terdapat informasi yang berkaitan dengan pemindahan kepemilikan ke Kota Minsk berdasarkan Keputusan Dewan Menteri Belarus Paragraf 1.1 No. 80 Tanggal 1 Februari 2013, Jalan Raya M9 akan menjadi jalan utama terusan pada 1 April 2013.[2] Walaupun, keputusan ini menyempurnakan pemindahan kepemilikan ke kota, ini tidak mengubah namanya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]