Jaksa daerah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Di Amerika Serikat, seorang jaksa distrik (DA), jaksa kabupaten, jaksa negara bagian, jaksa negara, jaksa penuntut, jaksa umum, jaksa negara, atau solicitor adalah jaksa atau pejabat penegak hukum utama yang mewakili sebuah negara bagian AS di wilayah pemerintahan setempat, biasanya sebuah kabupaten atau sekelompok kabupaten. Presisi dan cakupan kantor tersebut bervariasi menurut negara bagian. Secara umum, jaksa tersebut mewakili masyarakat yurisdiksinya. Dengan pengecualian tiga negara bagian (New Jersey, Connecticut, dan Alaska, serta Distrik Columbia), jaksa distrik terpilih, tidak seperti peran serupa di yurisdiksi hukum umum lainnya.

Penuntut adalah pihak hukum yang bertanggung jawab untuk menyajikan kasus terhadap individu yang dicurigai melanggar hukum, menginisiasi dan mengarahkan penyelidikan kriminal lebih lanjut, membimbing dan merekomendasikan hukuman bagi pelaku kejahatan, dan satu-satunya jaksa yang diizinkan berpartisipasi dalam proses juri besar. Penuntut memutuskan tuduhan pidana apa yang akan diajukan, dan kapan serta di mana seseorang akan dihadapkan pada tuduhan tersebut. Dalam melaksanakan tugas mereka, penuntut memiliki kewenangan untuk menyelidiki orang, memberikan kekebalan kepada saksi dan terdakwa, serta bernegosiasi kesepakatan dengan terdakwa.

Seorang jaksa distrik (atau jaksa negara) memimpin staf jaksa, yang lebih dikenal sebagai jaksa distrik pembantu (ADAs) atau jaksa distrik pembantu (DDAs) di negara bagian yang memiliki jaksa negara, staf jaksa biasanya disebut sebagai Asisten Jaksa Negara (ASAs). Kebanyakan penuntutan akan didelegasikan kepada ADAs, dengan jaksa distrik menuntut kasus-kasus paling penting dan memiliki tanggung jawab keseluruhan terhadap lembaganya dan pekerjaannya. Bergantung pada undang-undang negara bagian, jaksa distrik dapat diangkat oleh kepala eksekutif yurisdiksi atau dipilih oleh pemilih setempat. Kebanyakan masalah pidana di Amerika Serikat ditangani dalam sistem peradilan negara bagian, tetapi kantor yang setara untuk pemerintah federal Amerika Serikat adalah Jaksa Amerika Serikat.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]