Jaga Pocong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jaga Pocong
SutradaraHadrah Daeng Ratu
SkenarioAviv Elham
CeritaBaskoro Adi Wuryanto
Pemeran
Penata musikJoseph S. Djafar
SinematograferRendra Yusworo
Penyunting
  • Romario
  • Firdauzi Trizkiyanto
Perusahaan
produksi
DistributorSpectrum Film
Tanggal rilis
25 Oktober 2018
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia

Jaga Pocong adalah film horor Indonesia tahun 2018 karya perdana dari sutradara Hadrah Daeng Ratu. Film ini juga menjadi debut film horor bagi kedua pemeran utamanya, yakni Acha Septriasa dan Zack Lee. Film ini diproduseri oleh Rajesh Kewalram Jagtiani di bawah naungan Spectrum Film . Jaga Pocong ditayangkan secara perdana di bioskop tanah air pada 25 Oktober 2018.[1][2]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seorang suster bernama Mila (Acha Septriasa) diminta mengobati seorang pasien bernama Sulastri (Jajang C. Noer) di rumahnya. Namun nahas saat Mila tiba, Sulastri yang harus dirawatnya telah meninggal dunia. Alhasil, Mila hanya bertemu dengan anak pasien tersebut bernama Radit (Zack Lee). Radit meminta Mila untuk menjaga jenazah sang ibu yang sudah dikafankan (seperti pocong). Sementara, Radit harus mengurus pemakaman.

Di rumah itu, selain Radit yang masih hidup, ada Novi (Aqilla Herby), adik Radit yang masih kecil dan menggunakan kruk karena kaki kanannya cacat.

Sejak kedatangan ke rumah tua itu, Mila sebenarnya sudah terjebak ke dalam dunia roh. Baik Radit, Novi, dan Sulastri nyatanya sudah meninggal sejak lama. Roh mereka menggunakan tubuh orang-orang yang masih hidup dan pocong tersebut menginginkan kematian Mila.[3]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengambilan adegan dilakukan di sebuah rumah yang sudah lama tak berpenghuni. Waktu syuting lebih banyak dilakukan pada malam hari dibandingkan siang hari. Selama proses syuting, beberapa kru sempat mengalami pengalaman supranatural, seperti kesurupan atau diganggu penampakan hantu yang ada di rumah itu.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Handayani, Christiya Dika (2018-10-10). "Belum Pernah Garap Horor, Sutradara dan Pemain Jaga Pocong Berbagi Kisah Ini". Tabloidbintang.com. Diakses tanggal 2021-04-18. 
  2. ^ Rachman, Yogi (6 Oktober 2018). "Film 'Jaga Pocong' tayang 25 Oktober". Antara News Kalteng. Diakses tanggal 2021-04-18. 
  3. ^ Madelina, Tyssa (25 Oktober 2018). "Sinopsis Film 'JAGA POCONG', Menguak Teror Hantu Pocong Yang Menyeramkan". www.kapanlagi.com. Diakses tanggal 2021-04-18. 
  4. ^ Rochimawati, Nuvola Gloria (2018-10-02). "Pengalaman Gaib Kru Film Jaga Pocong Syuting di Rumah Kosong". Viva. Diakses tanggal 2021-04-18. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]