Jacob Fleck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jacob Fleck (8 November 1881 di Wina sebagai Jacob Julius Fleck – 19 September 1953, juga di Wina) adalah seorang sutradara, penulis skenario, produser film, dan juru kamera dari Austria. Dia terkenal karena kemitraan profesional jangka panjangnya dengan istrinya Luise Fleck yang ikut menyutradarai film-filmnya produksinya.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1910, bersama dengan Anton Kolm, istri dari Kolm bernama Luise Kolm (yang kemudian menikah dengan Fleck), dan saudara lelakinya bernama Claudius Veltée, Jacob Fleck mendirikan perusahaan produksi film Erste sterreichische Kinofilms-Industrie di Alsergrund, Wina. Perusahaan berganti nama setahun kemudian menjadi Wiener Kunstfilm-Industrie, di mana Fleck bekerja sebagian sebagai juru kamera dan juga sebagai produser dan sutradara bersama dengan Luise Kolm.

Kartu registrasi Jacob Fleck sebagai tahanan di Kamp Konsentrasi Nazi Dachau

Anton Kolm meninggal pada tahun 1922. Pada tahun 1923 Fleck pindah dengan Luise Kolm ke Berlin, di mana mereka menikah pada tahun 1924: sejak saat itu Luise Kolm dikenal sebagai Luise Fleck. Keduanya kemudian bekerja untuk Hegewald-Film dan UFA. Pada 1920-an mereka dikenal sebagai "pasangan-sutradara" (Regieehepaar). Pada periode ini mereka memproduksi antara 30 hingga 40 film, tetapi pada tahun 1933, setelah Hitler mengambil alih kekuasaan, mereka kembali ke Austria karena Jacob Fleck adalah seorang Yahudi.

Pada tahun 1938, sebagai akibat dari Anschluss (aneksasi Austria oleh Jerman), orang-orang Yahudi dilarang bekerja industri film.[1] Fleck harus bekerja sebagai editor fotografi. Pada tahun 1938 ia ditawan, awalnya di kamp konsentrasi Buchenwald, kemudian di Dachau, lalu kembali lagi ke Buchenwald selama lebih dari 16 bulan. Pada tahun 1939/40 Fleck dan istrinya beremigrasi ke Shanghai. Sutradara Tiongkok Fei Mu memproduksi film bersama Fleck berjudul Söhne und Töchter der Welt ("Sons and Daughters of the World"). Film ini merupakan satu-satunya kolaborasi antara seniman film Tiongkok dan asing sebelum berdirinya Republik Rakyat Tiongkok dan ditayangkan perdana pada 4 Oktober 1941 di Teater Yindu di Shanghai.

Pada tahun 1947, Fleck dan istrinya kembali ke Austria, untuk terjun kembali ke dunia perfilman disana. Jacob Fleck meninggal pada tahun 1953, tiga tahun setelah istrinya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peraturan ini berlaku sejak sekitar tahun 1936, ketika Jerman menekan industri film Austria untuk mengikuti hukum rasial Jerman dengan mengancam untuk memboikot seluruh film produksi Austria untuk tidak ditayangkan di Jerman

Pranala luar[sunting | sunting sumber]