Lompat ke isi

JACCS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
JACCS Co., Ltd.
Nama asli
株式会社ジャックス
Swasta (Anak perusahaan)
IndustriJasa keuangan
Didirikan23 Desember 1948; 75 tahun lalu (1948-12-23)
Kantor pusatEbisu, Shibuya, Tokyo,
Jepang
JasaKartu kredit
PemilikMitsubishi UFJ Financial Group
IndukMUFG Bank (20,27%)
Situs webOfficial website

JACCS Co., Ltd. (株式会社ジャックス, Jakkusu Kabushiki-gaisha) adalah sebuah perusahaan jasa keuangan asal Jepang yang berspesialisasi pada penjualan kredit. Perusahaan ini didaftarkan di Hakodate, Hokkaido dan berkantor pusat di Ebisu, Shibuya, Tokyo. JACCS adalah singkatan dari Japan Consumer Credit Service. Perusahaan ini merupakan bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group melalui MUFG Bank.

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 23 Desember 1948 dan didaftarkan sebagai sebuah badan hukum pada tanggal 29 Juni 1954 di Hakodate, Hokkaido. Pada tahun 1974, perusahaan ini berekspansi ke Tokyo. Empat tahun kemudian, perusahaan ini melantai di Bagian Pertama dari Tokyo Stock Exchange. Pada tahun fiskal yang berakhir pada tanggal 31 Maret 2019, perusahaan ini mencatatkan volume transaksi kartu kredit dan ritel sebesar lebih dari 4 triliun yen. Pada tahun 2010, perusahaan ini berekspansi ke ASEAN, dengan menyediakan pembiayaan untuk sepeda motor dan mobil di empat negara, yakni Vietnam, Indonesia, Filipina, dan Kamboja.

Gambaran umum

[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini menerbitkan kartu kredit dalam tiga merek, yakni Visa, MasterCard, dan JCB. Kartu kredit bermerek Visa awalnya diterbitkan di bawah lisensi dari Visa Japan Association (kini VJA),[1] tetapi setelah bergabung ke MUFG, pada tanggal 6 Desember 2007, perusahaan ini meneken perjanjian dengan Mitsubishi UFJ NICOS,[2] sehingga pada tahun 2009, perusahaan ini dapat mulai menerbitkan kartu kredit bermerek VISA di bawah lisensi dari Mitsubishi UFJ NICOS. Pada tahun 2013, perusahaan ini mulai menerbitkan sendiri kartu kredit bermerek VISA.[3]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ 実質的に三菱銀行グループでありながら、直系のディーシーカードではなく住友銀行グループ色の強いVJ協との提携となった経緯は不明。尚、ギフトカード発行に関してはVJAと提携を継続中である。
  2. ^ "2007年のリリース". JACCS. December 6, 2007. 
  3. ^ "Visaカードのお申し込み先" (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2013-05-18. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]