J.P. Guilford

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

J.P Guilford adalah psikolog khususnya penemu model structure of intellegence (SOI). Guilford lahir pada tahun 1897 merupakan orang asli Nebraska, Amerika Serikat. Beliau sangat tertarik dalam pengujian psikologis. Tokoh yang mempengaruhinya dalam penelitian psikologis di Universitas Nebraska adalah Winifred Hyde sedangkan pada tingkat sarjana di Cornel adalah tokoh psikolog Karl Dallebach dan Kurt Koffka.[1]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Guilford menempuh pendidikan di Universitas Nebraska, Cornel Universitas dan menghabiskan sebagian besar kariernya di Universitas Southern California.

Karya[sunting | sunting sumber]

Penemu model SOI Guilford (model Structure of intelligence). Model SOI Guilford menetapkan bahwa ada sekitar 120 kemampuan manusia yang berbeda. Kemampuan ini menunjang inteligensi secara meyeluruh. Konsep-konsep dalam model SOI Guilford tentang pemikiran konvergen dan divergen hingga pengembangan program untuk mengatur kreativitas diterapkan dalam pendidikan khusus untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran bagi anak berbakat dan kreatif.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF (2014). Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia. hlm. 199.