Izabella Nilsson Jarvandi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Izabella Nilsson Jarvandi (lahir 25 November 2003) adalah seorang pegiat rompi kuning dari Swedia yang dikenal karena mengadakan orasi di Mynttorget di Gothenburg untuk menentang penandatanganan Swedia terhadap kontrak Kesepakatan Global untuk Migrasi dari PBB pada 9 Desember 2018. Ia juga kerap membawakan pidato di Helsingborg dan Stockholm. Jarvandi disebut dalam buku "Tutto quello che c'è da sapere sul clima" oleh Thomas Pedretti. Ia juga disebut dalam buku Antonio Giangrande "Italia allo specchio il DNA deli italiani anno 2019 quarta parte. La cultura ed i media".[1] Karena usia dan aktivitas politiknya, Jarvandi disebut sebagai "anti-Greta Thunberg".

Latar Belakang[sunting | sunting sumber]

Izabella Nilsson Jarvandi memiliki darah Iran dan Swedia. Ayahnya berasal dari Iran dan ibunya pribumi Swedia. Jarvandi tumbuh di pinggiran kota Gothenburg dengan tingkat kriminalitas yang tinggi. Ia belajar di sekolah dasar dan kerap mengalami segregasi oleh teman-teman dan anggota keluarganya menyaksikan imigran yang terpisah dari keluarganya, mengalami ketidakmampuan berbahasa, maladaptasi, rasisme, kejahatan, pelecehan seksual dan narkoba. Dalam sebuah wawancara dengan Mikael Willgert, pembawa acara di Swebbtv, Jarvandi menjelaskan bahwa ada insiden pemerkosaan di sekolah Swedia dan bahwa banyak guru takut menentang siswa.[2]

Politik[sunting | sunting sumber]

Jarvandi menyatakan bahwa ia "marah, marah dan hancur" atas politik pemerintah Swedia yang menerapkan multikulturalisme dan integrasi imigran.[3] Dalam sebuah artikel oleh Katerina Magasin yang diterbitkan pada bulan Desember 2018, Jarvandi menulis sebuah artikel yang mengatakan "Saya sangat marah pada politisi di parlemen - Swedia adalah negara yang hebat!".[4][5] Menurut sebuah artikel oleh surat kabar Italia Lettera Donna, Jarvandi adalah "seorang aktivis politik muda yang menentang globalisme dan mencari kebenaran serta keadilan bagi Swedia tercinta".[6] Ia dijuluki Anti-Greta.[7][8] Jarvandi memiliki 7200 pengikut di Twitter. Dalam sebuah artikel oleh Fidelity News pada Maret 2019, Jarvandi digambarkan sebagai penentang globalisme, imigrasi massal, dan ideologi gender yang ia yakini menyebarkan disinformasi di kalangan anak muda Swedia.[9] Jarvandi mendukung pemerintah Hungaria yang dipimpin oleh Viktor Orbán.[10] Dalam sebuah artikel oleh surat kabar Prancis Boulevard Voltaire, Jarvandi mengatakan "Saya tidak akan bungkam dan saya tidak akan pernah memaafkan para politisi atas semua kerusakan yang telah mereka buat terhadap Swedia-ku yang tercinta [...] Saya yakin bahwa Tuhan telah menyaksikan dan aku tahu bahwa pengkhianat suatu hari akan diadili dengan berat ", Izabella mengatakan itu ketika ia berbicara di jalan-jalan kota-kota di Skandinavia.[11] Politisi Prancis dan Sekretaris Jenderal Parti de la France Thomas Joly mendukung Jarvandi.[12] Dalam sebuah artikel oleh Der Freie Welt yang diterbitkan pada Maret 2019, Jarvandi digambarkan sebagai "berada di dalam saat Greta keluar".[13] Pada 17 Maret 2019, Jarvandi menulis di twitter dan mengatakan "Anda yang memiliki keberanian untuk melecehkanku karena pendapatku hanya akan membuktikan bahwa aku benar. Karena orang-orang seperti Anda dan tindakan seperti Anda, aku berjuang dan aku tidak akan tunduk atau menyerah. Kami terlahir bebas dan aku juga ingin generasi mendatang hidup merdeka".[14] Dalam sebuah artikel oleh surat kabar Italia Vietato Parlare, Izabella mengatakan: "...Uni Eropa, pemerintah dan penguasa lainnya adalah ekstremis. Siapa lagi yang ingin memusnahkan rakyat mereka sendiri? ... Di satu sisi, mereka menginginkan variasi - pada saat yang sama, mereka ingin tidak ada perbedaan, karena mereka ingin semua orang setara ".[15] Dalam sebuah artikel oleh My Nation, Izabella mengatakan, "Orang Swedia mungkin tidak menunjukkan reaksi yang sama seperti orang Prancis, tetapi mereka harus berhati-hati saat membuat marah putra dan putri Viking yang bersiap mengadakan perlawanan."[16]

Pujian publik[sunting | sunting sumber]

Jarvandi dipuji oleh seorang reporter karena berani dalam "membela nilai-nilainya" pada 24 April 2019. Ia juga menerima tanggapan positif dari kelompok konservatif dan nasionalis Swedia. Pada Januari 2019, Jarvandi dipuji karena keberaniannya oleh reporter Matthias Feinbork dari Die Weltwoche Jerman.[17]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ GIANGRANDE, ANTONIO (2019). ITALIA ALLO SPECCHIO IL DNA DEGLI ITALIANI ANNO 2019 QUARTA PARTE. LA CULTURA ED I MEDIA (dalam bahasa Italia) (edisi ke-olym 168 av L’Italia del Trucco, l’Italia che siamo). Antonio Giangrande. hlm. 133. 
  2. ^ Willger of Swebbtv, Mikael. "Lördagsintervju 44 – Izabella 15 år, om livet som tonåring och nationalist. (Saturday interview with Izabella Nilsson Jarvandi and how it is like to be a 15 year old nationalist)". SwebbTV (dalam bahasa Swedia). Svensk Webbtelevision AB 2019. Diakses tanggal 23 Juli 2020. 
  3. ^ ett SUVERÄNT Sverige., Stockholmare för. "Gästinlägg: Izabella Nilsson Jarvandi – Mitt liv har präglats av systemfel – Stockholmare för ett suveränt Sverige (Guest publication: Stockholmers for a great Sweden)". ett SUVERÄNT Sverige. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  4. ^ Janouch, Katerina (18 December 2018). "Izabella, 15 år: "Jag är så arg på politikerna i Riksdagen – Sverige har varit ett bra land"" (Debate article). Katerina Janouch. Katerina Magasin. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  5. ^ Maria, Ingrid och (20 December 2018). "15-åriga Izabella leder FN-protesterna – "det är min framtid" (15 year old Izabella leads protest against UN – "Its my future")" (dalam bahasa Swedia). Ingrid och Maria. Ingrid och Maria. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  6. ^ Donna, Lettera (23 April 2019). "L'anti-Greta è sovranista (e pro-famiglia tradizionale) (Translation: Who is Izabella Jarvandi, the 15-year-old Swedish against gender and migrants?)". LetteraDonna (dalam bahasa Italia) (Article). © RIPRODUZIONE RISERVATA. LetteraDonna. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-23. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  7. ^ Bianchi, Leonardo; VICE, Redazione (25 April 2019). "La vera storia dietro 'l'anti-Greta Thunberg' di cui parlano i media italiani (Translation: The real story behind 'the anti-Greta Thunberg spoken of by the Italian media. The 15 year old Izabella Nilsson Jarvandi is presented as Thunberg's perfect nemesis, but we only talk so stubbornly in Italy)". Article (dalam bahasa Italia). Vice. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  8. ^ Inrikes, Fria Tider. "Greta Thunberg: "Mänsklighetens största kris någonsin" (Greta Thunberg: Humanitys greatest threat)". Fria Tider (dalam bahasa Swedia) (Article "Izabella Jarvandi, sometimes called Anti–Greta")). Fria Tider. Fria Tider. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  9. ^ BARBATO, MARIO (6 Mei 2019). "Chi è Izabella Nilsson Jarvandi, la 15enne svedese idolo dei sovranisti? (Translation: Who is Izabella Nilsson Jarvandi, the sovereign idol?)". Fidelity News (dalam bahasa Italia) (Article). Horizon Group. Fidelity News. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  10. ^ ")Izabella Nilsson Jarvandi, (l'altra) ragazza (costruita) questa volta anti gender e anti migranti (Translation: Izabella Nilsson Jarvandi, (the other) girl (built) this time anti-gender and anti-migrants". Ticinolive (dalam bahasa Italia) (Debate). Quotidiano della Svizzera italiana. Ticino Live. 24 April 2019. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  11. ^ Bernadac, J.-P. Fabre (28 April 2019). "En Suède, Izabella Nilsson Jarvandi, ou l'anti-Greta Thunberg ? (Translation: And the Swedish girl, Izabella Nilsson Jarvandi, the Anti-Greta Thunberg?". Article (dalam bahasa Prancis). Boulevard Voltaire. Boulevard Voltaire. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  12. ^ Joly, Thomas (2019). "En Suède, Izabella Nilsson Jarvandi, l'anti-Greta Thunberg (Izabella Nilsson Jarvandi, the anti-Greta Thunberg)". Le blog politique de Thomas JOLY (dalam bahasa Prancis). Thomas Joly. Le blog politique de Thomas Joly. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  13. ^ Dinnebin, Micha (2019). "Greta ist "out", Izabella ist "in"". FreieWelt.net (dalam bahasa Jerman). Der Freie Welt (the free will). Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  14. ^ Jarvandi, Izabella Nilsson (17 Maret 2019). "You who have the audacity to harass me for my opinions are only proving me right. It is because of people like you and actions like yours I am fighting and I will not bow nor surrender We were born free and I intend future generations to be as well". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  15. ^ "La svedese Izabella Nilsson Jarvandi come Greta Thunberg ma per lei l'oblio dei media (The Swedish Izabella Nilsson Jarvandi as Greta Thunberg)" (dalam bahasa Italia) (Article). Vietato Parlare. Vietato Parlare. 24 April 2019. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  16. ^ My Nation, Team. "'Children shouldn't work in fields, but on dreams'". Asianet News Network Pvt Ltd (Article). Asianet News Media & Entertainment. Diakses tanggal 26 Juli 2020. 
  17. ^ Feinbork, Matthias. "Wir basteln uns eine KlimatIkone (Translation: We make a climate icon of the WEF, the 16-year-old poster girl of climate protection, Greta Thunberg, is swarming around. Her Swedish colleague Izabella Nilsson Jarvandi, 15, is hardly heard. I wonder why?)". www.weltwoche.ch (Article). Die Weltwoche. Diakses tanggal 26 Juli 2020.