Ivan Regen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Ivan Regen

Ivan (Janez) Regen (juga dikenal dengan nama Johann Regen) (lahir 9 Desember 1868 – meninggal 27 Juli 1947 pada umur 78 tahun) adalah seorang ahli biologi Slovenia yang terkenal karena kajiannya di bidang bioakustika. Ia mendapat beasiswa untuk belajar sejarah alam di Universitas Wina dan mendapat gelar doktornya pada tahun 1897 [1].

Regen memulai risetnya pada bidang fisiologi hewan [2]. Ia mempelajari stridulasi (kerik) pada jangkrik dan membuktikan bahwa insekta tersebut menanggapi rangsangan suara dari individu lain serta rangsangan buatan dari pengeras suara. Belakangan ia menunjukkan bahwa pendengaran insekta bergantung pada organ timpana yang juga merupakan deskripsi pertama fungsi organ ini [3]. Untuk kontribusinya ini, ia dianggap sebagai perintis bioakustika modern [2]. Ia juga mempelajari fenomena fisiologis lain pada insekta, seperti pernapasan, hibernasi, perkembangan pigmen pada berbagai kondisi, serta ekdisis [1].

Proyek terbesar Regen disebut "laboratorium geobiologis", suatu terrarium (vivarium) besar tempat ia mempelajari fonotaksis pada skala besar. Dengan menggunakan hingga 1600 betina dengan organ pendengaran yang utuh atau rusak, ia dapat mempelajari perilaku mereka secara statistik [4].

Ia adalah peneliti mandiri sejak 1911, meskipun tetap melakukan kontak dengan Slovenia dengan mendukung beberapa komunitas dan lembaga kebudayaan lokal, serta menciptakan terminologi bahasa Slovenia pada bidang ilmunya. Pada tahun 1921 ia menolak undangan untuk menjadi profesor di Universitas Ljubljana. Pada tahun 1940 ia menjadi anggota dari Slovenska akademija znanosti in umetnosti (Akademi Ilmu dan Seni Slovenia) dan juga menjadi anggota kehormatan dari masyarakat sejarah alam Slovenia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Zarnik, Boris (1929). "Život i rad Ivana Regena". Priroda (dalam bahasa Croatian) (1). hlm. 1-7. Diakses 2008-09-25. 
  2. ^ a b Primožič, Marjetka (2001). "Historical overview". Science in Slovenia (Republic of Slovenia: Ministry of Education, Science and Sport). Diakses 2008-09-25. 
  3. ^ Glen Wever, Ernest (2008). "Sound reception: Evidence of hearing and communication in insects". Britannica online. Diakses 2008-09-25. 
  4. ^ Gogala M. (2008). »Pionir bioakustike Ivan Regen in njegova zapuščina«. Sedemdeset let biblioteke Slovenska akademija znanosti in umetnosti.