William de Forz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Segel (bagian belakang) William de Forz. Legenda: "SIGILLUM WILLELMI DE FORTIBUS COMITIS ALBEMARLIE" (Segel William de Forz, Comte/Earl Albemarle). Di perisainya ditunjukkan lambang-lambangnya: warna merah pada salib patonce selanjutnya[1]
Segel (bagian depan) William de Forz. Legenda: "SIGILLUM WILLELMI DE FORTIBUS COMITIS ALBEMARLIE" (Segel William de Forz, Comte/Earl Albemarle). Lambang: warna merah pada salib patonce selanjutnya
Lambang de Forz: warna merah, salib patonce selanjutnya

William de Forz, Earl keempat Albemarle (†1260) (dilatinkan sebagai de Fortibus, terkadang dieja Deforce) merupakan seorang tokoh yang memainkan peran yang mencolok dalam pemerintahan Henry III dari Inggris, terutama di Parlemen Oxford pada tahun 1258.

William menikah sebanyak dua kali. Istri pertamanya bernama Christina (†1246), putri dan rekan-pewaris Alan, Lord Galloway. Ibundanya adalah salah satu dari rekan-pewaris Earldom Chester setelah kematian Earl terakhir pada tahun 1237. Ia menyatakan bahwa, sebagai Palatinus, itu tidak dapat dibagi, dan istrinya harus mendapatkannya sebagai rekan-pewaris tertua. Dia mendapat gelar, tetapi pengadilan memutuskan bahwa tanah harus dibagi, tetapi istri ini meninggal pada 1239 tanpa masalah. Namun, dia dan istrinya berhenti menggugat earldom ke Henry III pada tahun 1241 dengan imbalan tanah sederhana di tempat lain.

Pada 1241, setelah kematian ayahandanya, ia mewarisi tanahnya, termasuk penghargaan yang berhubungan dengan Puri Cockermouth di Cumberland, dan Puri Skipton di Craven, Puri Skipsea di Holderness, keduanya di Yorkshire. Dia bergabung dengan Henry III dalam kampanye di Poitou dan Wales pada tahun 1242 dan 1245, tetapi tidak di Wales pada tahun 1257 karena dia sakit. Dia memegang kantor lokal di Cumberland, termasuk keadilan hutan untuk Cumberland pada tahun 1251, dan sheriff of Cumberland pada tahun 1255 dan penjaga Puri Carlisle, sebuah jabatan yang dia pegang sampai kematiannya.

Dua tahun setelah kematian istri pertamanya, ia menikah kembali pada tahun 1248 dengan Isabel de Forz (1237-1293), putri Baldwin de Redvers, Earl keenam Devon dan Lord Pulau Wight.

William de Forz meninggal di Amiens pada tahun 1260. Jandanya Isabella, setelah kematian saudaranya, Baldwin de Redvers, Earl ketujuh Devon pada tahun 1262, mewarisi tanah dan menyebut dirinya sendiri Comtesse Devon dan Aumale. Dia memiliki enam orang anak, semuanya meninggal lebih dulu darinya, termasuk Thomas yang meninggal tanpa menikah pada tahun 1269, dan Avelina yang menikah dengan Edmund Crouchback, Earl pertama Lancaster pada tahun 1269, tetapi meninggal tanpa keturunan tahun 1274 pada usia 15 tahun.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Arms of Guillaume de Forz, Comte d'Aumale: Gules a cross patonce vair (per the following rolls of arms: Charles' Roll, 15; Glover's Roll, B13; Walford's Roll, C60; The Camden Roll, D142 & St George's Roll, E28) [1] Diarsipkan 2013-08-20 di Wayback Machine.
Bangsawan Inggris
Didahului oleh:
William de Forz
Earl Albemarle
1241–1260
Diteruskan oleh:
Thomas