Waldrada dari Worms

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Waldrada dari Worms (atau Waldraith; lahir 801, tanggal kematian tidak diketahui) merupakan istri kedua Konrad II. Mereka memiliki dua orang anak yang dikenal: Adelaide dan Rodolphe dari Bourgogne. Suami pertamanya adalah Robert III dari Worms, pada tahun 819 di Wormgau, Jerman. Pernikahan ini menghasilkan seorang putra yang dilahirkan pada tahun 820, Robert IV dari Worms. Pernikahan pertamanya berakhir ketika suaminya Robert III meninggal pada tahun 822.

Konon ada yang mengatakan bahwa ayahandanya adalah Santo Guilhem dari Gellone. Namun ini tidak mungkin. Diduga pula bahwa ia bukan istri Konrad. Walaupun ia harusnya dilahirkan di antara tahun 790 dan 801, ia bisa saja adalah putri Guilhem, tanggal-tanggal tersebut mungkin tidak akurat jika ia adalah istri Konrad. Hal ini karena keturunannya dengan Konrad lahir masing-masing di sekitar tahun 849 dan 859. Jika tanggal ini akurat, maka Waldrada memiliki anak-anak ini setidaknya di usianya yang ke 49 atau 59 tahun. Mengingat bahwa menopause terjadi pada zaman modern pada sekitar usia 45-55 tahhun, mungkin ia adalah ibunda Adelaide dan bukan ibunda Rodolphe.

Apa yang lebih mungkin adalah bahwa ia dan istri Konrad adalah dua wanita yang berbeda. Salah satu solusi yang memungkinkan adalah bahwa Waldrada yang menikah dengan Konrad II dan Robert III adalah putri Waldrada, istri Adrian, Comte Orléans (767-824), yang diduga (kata kunci) sebagai putri Guilhem dari Gelone. Namun ini semua hanyalah dugaan.