Sirah Pulau Padang, Ogan Komering Ilir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sirah Pulau Padang
Peta lokasi Kecamatan Sirah Pulau Padang
Peta lokasi Kecamatan Sirah Pulau Padang
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Selatan
KabupatenOgan Komering Ilir
Pemerintahan
 • CamatAGMA YUSKA YS. SIP
Populasi
 • Total41,709 jiwa (2.010) jiwa
Kode Kemendagri16.02.08
Kode BPS1602120
Desa/kelurahan20 desa

Sirah Pulau Padang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Indonesia, jarak Kecamatan Sirah Pulau Padang ke Ibu Kota Kabupaten (Kayuagung) adalah sekitar ± 21 km. Kecamatan ini berada di sebelah tenggara Ibu Kota Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan letak ketinggian sekitar ±10 meter dari permukaan laut, dan luas wilayah 149,08 km², yang secara administratifnya berbatasan dengan wilayah yaitu:

- Utara berbatasan dengan Kecamatan Jejawi

- Selatan berbatasan dengan Kecamatan Kayuagung

- Barat berbatasan dengan Kabupaten Ogan Ilir

- Timur berbatasan dengan Kecamatan Pampangan

dari cakupan besar wilayah Sirah Pulau Padang merupakan dataran rendah. Beberapa desa dialiri oleh aliran sungai-sungai.

Sejarah Sirah Pulau Padang[sunting | sunting sumber]

Menurut cerita sejarah dari berbagai sumber, kata Sirah Pulau (SP) Padang diambil saat waktu penjajahan Belanda di Ogan Komering Ilir . Pada masa penjajahan di Sirah Pulau Padang berdirilah kantor Kontrolir Belanda kemudian dari waktu ke waktu menjadi kantor Persirah. Kantor tersebut berada di pinggir sungai mengarah ke muara padang, tempat kantor itu berada di Tanjungan, namun tanjungan itu hampir putus dan sekilas terlihat sebagai sebuah pulau. Maka wilayah tersebut dinamakan Sirah Pulau Padang, Sirah adalah kantor persirah, Pulau adalah tempat kantor tersebut, dan Padang yang diartikan dataran yang luas. Maka dari itulah dinamakan SirahPulau (SP) Padang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kabupaten Ogan Komering Ilir Dalam Angka 2023. Kabupaten Ogan Komering Ilir: BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir. 2023. hlm. 8. ISSN 2252-908X. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]