Sekolah Penerbang TNI AU: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Arif putra 2302 (bicara | kontrib)
←Membuat halaman berisi '{{Infobox Military Unit |unit_name= Sekolah Penerbang<br>Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara |image= 300px |caption= |start_dat...'
(Tidak ada perbedaan)

Revisi per 23 Mei 2015 20.35

Sekolah Penerbang
Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara
Berkas:Sekolah Penerbang.jpg
Dibentuk-
Negara Indonesia
Cabang TNI Angkatan Udara
Tipe unitKomando Pendidikan
Bagian dariTentara Nasional Indonesia Angkatan Udara
Situs webwww.kodikau.mil.id

Sekolah Penerbang TNI AU atau (Sekbang) Merupakan Kawah Candradimuka para Elang-elang muda TNI Angkatan Udara, Sekolah dasar kecabangan yang bertujuan untuk mencetak Perwira Penerbang TNI Angkatan Udara lulusan Akademi Angkatan Udara guna mengawaki alat utama sistem senjata TNI AU khususnya sebagai Korps Penerbang. Sekolah Penerbang bernaung di bawah Wing Pendidikan Terbang, Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.[1][2]

Tahapan Pendidikan

Pendidikan Sekolah Penerbang Militer ini berlangsung sekitar 17 bulan. Sebelum melaksanakan pendidikan Terbang yang sesungguhnya mereka dibekali banyak teori dengan melaksanakan pendidikan di kelas atau Bina kelas murni atau yang dikenal dengan Ground School selama 2,5 bulan di Skadron Pendidikan 104. Di Skadik 104 ini selain dibekali teori mereka juga dilatih Survival di Lapangan dan medan yang sebenarnya di Gunung dan Waduk-waduk. Selanjutnya mereka mendapatkan pendidikan Terbang pertama atau Terbang latih Dasar di Skadron Pendidikan 101 dengan pesawat AS-202 Bravo dan Grob selama 3,5 bulan. Setelah memiliki kemampuan terbang Dasar selanjutnya melaksanakan pendidikan terbang latih Lanjut dengan pesawat T-34 Charle di Skadron Pendidikan 102 selama kurang lebih 8 Bulan. Selain itu Calon penerbang militer ini juga dibekali dengan Kursus CPL 2 minggu dan Communication Skill dan kepribadian selama 2 minggu. Untuk Bina Terbang Latih Lanjut Jurusan Rotary Wing menggunakan Helikopter B-47G Solloy di Pangkalan Udara Suryadarma, Subang.

Sekolah Penerbang TNI AU terbagi menjadi 3 kategori Penerbang Yaitu :

  1. Penerbang Tempur
  2. Penerbang Angkut
  3. Penerbang Helikopter (Rotary Wing).

Setelah tahapan demi tahapan dapat dilalui mereka berhak atas Brevet Penerbang dengan ditandai upacara yang dikenal dengan Wingday Penerbang.

Perbedaan Sekbang TNI AU dan Sekbang PSDP TNI

Ada dua jalur perwira Sekbang TNI AU, Sekbang TNI AU diambil dari jalur lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) dan Sekbang PSDP TNI diambil dari lulusan SMA, tepatnya melalui jalur Sekolah Penerbang Prajurit Sukarela Dinas Pendek TNI. Untuk pendidikan juga tidak sama, Terutama untuk pendidikan Keperwiraan. Untuk Sekbang TNI AU sudah mendapaatkan saat Pendidikan di Akademi Angkatan Udara Sedangkan PSDP TNI harus menjalani pendidikan dasar kemiliteran di Skadron Pendidikan 404, Lanud Adi Sumarmo, Surakarta sebelum menjalani pendidikan sebagai Penerbang.

Referensi