Pemberontakan di India 1857: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
491 bita ditambahkan ,  7 tahun yang lalu
tidak ada ringkasan suntingan
|notes=
}}
'''Pemberontakan di India 1857''' dimulai sebagai pemberontakan [[sepoy|para sepoy]] (tentara pribumi) yang direkrut [[East India Company]] Britania pada 10 Mei 1857 di kota [[Meerut]], dan segera meluas menjadi pemberontakan penduduk di dataran Gangga hulu dan [[India Tengah]]. Pemberontakan ini mengancam kekuatan EIC di India.<ref>{{Harvnb|Bayly|1990|p=170}} Quote: "What distinguished the events of 1857 was their scale and the fact that for a short time they posed a military threat to British dominance in the Ganges Plain."</ref> Latar belakang pemberontakan ini adalah korupsi yang meluas dalam EIC setelah hampir 100 tahun menguasaimeluaskan kekuasaan di India, rasa tidak puas raja-raja wilayah atas dominasi EIC, selain itu juga ambisi Britania Raya untuk memerintah India secara langsung. Pemicu pemberontakan adalah penggunaan lemak sapi dan babi dalam latihan para sepoy yang dianggap menodai agama Hindu maupun Islam, sehingga menimbulkan kericuhan antara para sepoy dengan para perwira mereka yang berkebangsaanorang InggrisEropa dan beragama Nasrani.
 
Setelah memberontak, para sepoy mendapat dukungan dari raja-raja wilayah di India yang sebelumnya terampas kekuasaannya oleh EIC. Kemudian secara bersama-sama mengangkat Maharaja [[Mughal]] (penguasa India sebelum EIC) sebagai lambang perlawanan. EIC berhasil memadamkan pemberontakan setelah mendatangkan pasukan dari Eropa dan koloninya yang lain terutama [[Burma]], dengan dibantu para sepoy yang masih setia dari kaum [[Sikh]].
 
Setelah pemberontakan berhasil dipadamkan, EIC dibubarkan pada tahun 1858. Selanjutnya, kekuasaan di India dijalankan secara langsung oleh mahkota Britania.
Pengguna anonim

Menu navigasi