Raksasa merah: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
MerlIwBot (bicara | kontrib)
YFdyh-bot (bicara | kontrib)
k r2.7.3) (bot Menambah: sh:Crveni div
Baris 56: Baris 56:
[[ro:Gigantă roșie]]
[[ro:Gigantă roșie]]
[[ru:Красный гигант]]
[[ru:Красный гигант]]
[[sh:Crveni div]]
[[si:රතු යෝධ තරු]]
[[si:රතු යෝධ තරු]]
[[simple:Red giant]]
[[simple:Red giant]]

Revisi per 24 Februari 2013 15.32

Bintang raksasa merah Mira.

Raksasa merah adalah bintang raksasa terang dengan massa yang ringan atau sedang (sekitar 0.5-10 massa matahari) yang berada pada fase akhir evolusi bintang. Atmosfer luarnya menggembung dan lemah, sehingga jari-jarinya menjadi sangat besar dan suhu permukaannya rendah, sekitar 5.000 K atau lebih rendah. Kenampakan raksasa merah bermacam-macam, dari jingga kekuningan hingga merah. Bintang raksasa merah biasanya diklasifikasikan dalam kelas K, M, S, atau C.

Raksasa merah yang paling umum ada adalah bintang cabang raksasa merah yang lapisan luarnya masih memfusikan hidrogen dengan helium, sementara intinya terdiri dari helium yang tidak aktif. Bentuk raksasa merah yang lain adalah bintang cabang raksasa asimptotik yang menghasilkan karbon dari helium melalui proses alfa-tiga.[1]

Raksasa merah yang sering terlihat di langit malam contohnya adalah Aldebaran (Alpha Tauri), Arcturus (Alpha Bootis), dan Gamma Crucis (Gacrux).

Referensi

  1. ^ Zeilik, Michael A. (1998). Introductory Astronomy & Astrophysics (edisi ke-4th). Saunders College Publishing. hlm. 321–322. ISBN 0-03-006228-4.