Tertulianus: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Thijs!bot (bicara | kontrib)
k robot Adding: da:Tertullian
RobotQuistnix (bicara | kontrib)
Baris 14: Baris 14:
[[Kategori:Anti-Gnostik]]
[[Kategori:Anti-Gnostik]]


[[bg:Тертулиан]]
[[cs:Tertullianus]]
[[cs:Tertullianus]]
[[da:Tertullian]]
[[da:Tertullian]]
[[de:Tertullian]]
[[de:Tertullian]]
[[en:Tertullian]]
[[en:Tertullian]]
[[eo:Tertuliano]]
[[es:Tertuliano]]
[[es:Tertuliano]]
[[fi:Tertullianus]]
[[fi:Tertullianus]]

Revisi per 3 Maret 2007 16.31

Quintus Septimius Florens Tertullianus, atau Tertulianus, (155230) adalah seorang pemimpin gereja dan penghasil banyak tulisan selama masa awal Kekristenan. Ia lahir, hidup, dan meninggal di Kartago, sekarang Tunisia.

Tertulianus mencela doktrin-doktrin Kristen yang dianggapnya bidah, tetapi kemudian dalam hidupnya mengadopsi beberapa pandangan yang dianggap sebagai bidah juga. Dia merupakan seorang penulis besar pertama mengenai Kekristenan Latin, sehingga kadang-kadang disebut sebagai "bapak Gereja Latin". Ia memperkenalkan istilah "Trinitas" (dari kata yang sama dalam bahasa Latin) dalam perbendaharaan kata Kristen; sekaligus kemungkinan, merumuskan "Satu Allah, Tiga Pribadi". Di dalam Apologeticusnya, ia adalah penulis Latin pertama yang menyatakan Kekristenan sebagai 'vera religio', dan sekaligus menurunkan derajat agama klasik Kerajaan dan cara penyembahan lainnya sebagai takhyul belaka.

Tertulianus meninggalkan Gereja Roma pada akhir hidupnya dan bergabung dengan aliran bidah/klenik Montanisme. Hal ini menyebabkan ia tidak diangkat sebagai Santo dalam Gereja Katolik Roma.