Nikolai Berdyaev: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
EmausBot (bicara | kontrib)
Alexbot (bicara | kontrib)
k r2.7.1+) (bot Menambah: he:ניקולאי ברדייב
Baris 64: Baris 64:
[[fi:Nikolai Berdjajev]]
[[fi:Nikolai Berdjajev]]
[[fr:Nicolas Berdiaev]]
[[fr:Nicolas Berdiaev]]
[[he:ניקולאי ברדייב]]
[[hr:Nikolaj Berdjajev]]
[[hr:Nikolaj Berdjajev]]
[[it:Nikolaj Aleksandrovič Berdjaev]]
[[it:Nikolaj Aleksandrovič Berdjaev]]

Revisi per 25 Agustus 2011 20.10

Nikolai Berdyaev.

Nikolai Alexandrovich Berdyaev (bahasa Rusia: Николай Александрович Бердяев; lahir 18 Maret [K.J.: 6 Maret] 1874 – meninggal 24 Maret 1948 pada umur 74 tahun) adalah seorang tokoh keagamaan dan filsuf politik Rusia.

Biografi

Berdyaev dilahirkan di Kiev dalam suatu keluarga militer aristokrat. Ia hidup sendirian di masa kanak-kanaknya di rumah, dan perpustakaan ayahnya memungkinkannya banyak membaca. Ia membaca karya-karya Hegel, Schopenhauer, dan Kant ketika usianya baru 14 tahun dan ia menguasai berbagai bahasa asing.

Berdyaev memutuskan untuk menempuh kariernya sebagai intelektual dan masuk ke Universitas Kiev pada 1894. Waktu itu semangat revolusioner berkembang di antara para mahasiswa dan kaum inteligensia. Berdyaev menjadi seorang Marxis dan pada 1898 ia ditangkap dalam sebuah demonstrasi mahasiswa dan dikeluarkan dari Universitas tersebut. Belakangan keterlibatannya dalam kegiatan-kegiatan ilegal menyebabkan ia dibuang ke Rusia tengah selama tiga tahun - sebuah hukuman ringan dibandingkan apa yang harus dialami oleh banyak tokoh revolusioner lainnya.

Pada 1904 Berdyaev menikah dengan Lydia Trusheff dan pasangan itu kemudian pindah ke St. Petersburg, ibu kota Rusia dan pusat intelektual serta aktivitas revolusioner. Berdyaev ikut serta sepenuhnya dalam perdebatan intelektual dan rohani, dan akhirnya meninggalkan Marxisme radikal dan memusatkan perhatiannya pada filsafat dan spiritualitas. Berdyaev dan Trusheff tetap saling sangat mencintai hingga Trusheff meninggal pada 1945.

Berdyaev adalah seorang Kristen yang saleh, namun ia seringkali kritis terhadap gereja yang mapan. Sebuah artikel pada 1913 mengecam Sinode Kudus dari Gereja Ortodoks Rusia menyebabkan ia dituduh menghujat, dan hukumannya adalah pembuangan ke Siberia seumur hidup. Perang Dunia dan Revolusi Bolshevik membuat ia tidak pernah diajukan ke pengadilan.

Berdyaev tidak dapat menerima rezim Bolshevik, karena sifatnya yang otoriter dan dominasi negara terhadap kebebasan individu. Namun ia menerima beratnya masa revolusi, karena ia diizinkan untuk sementara waktu untuk tetap memberikan kuliah dan menulis.

Filsafatnya dicirikan sebagai eksistensialis Kristen. Ia sangat memperhatikan kreativitas dan khususnya kemerdekaan dari segala sesuatu yang menghalangi kreativitas. Karena itu ia menentang "masyarakat mekanis yang dikolektifkan".

Pada 1922, pemerintahan Bolshevik mengusir sekitar 160 intelektual terkemuka, antara lain Berdyaev. Secara keseluruhan, mereka bukanlah pendukung rezim Czar ataupun kaum Bolshevik, karena mereka lebih suka akan bentuk pemerintahan yang tidak begitu otokratis. Di antara mereka termasuk orang-orang yang menuntut kebebasan pribadi, perkembangan rohani, etika Kristen, dan jalan yang dibimbing oleh nalar dan dipimpin oleh iman.

Mulanya Berdyaev dan para emigran lainnya pergi ke Berlin, namun kondisi ekonomi dan politik di Jerman menyebabkan dia dan istrinya pindah ke Paris pada 1923. Di sana ia mendirikan sebuah Akademi, mengajar, berceramah, bertukar pikiran dengan komunitas intelektual Prancis.

Pada masa pendudukan Prancis oleh Jerman, Berdyaev terus menulis buku-buku yang kemudian diterbitkan setelah perang - sebagian setelah kematiannya. Pada tahun-tahun yang dilewatninya di prancis, Berdyaev menulis 15 buku, termasuk sebagian dari karya-karyanya yang paling penting. Ia meninggal di meja tulisnya di rumahnya di Clamart, dekat Paris, pada Maret 1948.

Karya-karyanya

  • The Meaning of the Creative Act (Makna Seni Kreatif) (1916)
  • Dostoevsky (1923)
  • The Meaning of History (Makna Sejarah) (1923)
  • Freedom and the Spirit (Kebebasan dan Roh) (1927)
  • The Destiny of Man (Tujuan Manusia) (1931)
  • Christianity and Class War (Agama Kristen dan Perang antar Kelas) (1931)
  • The Russian Revolution (Revolusi Rusia) (1931)
  • Solitude and Society (Keheningan dan Masyarakat) (1934)
  • The Bourgeois Mind (Pikiran Borjuis) (1934)
  • Spirit and Reality (Roh dan Kenyataan) (1937)
  • Slavery and Freedom (Perbudakan dan Kebebasan) (1939)
  • The Beginning and the End (Awal dan Akhir) (1941)
  • Dream and Reality: An Essay in Autobiography (Mimpi dan Kenyataan: Esai dalam Otobiografi) (1949)

Rujukan

  • N. Berdyaev. Dream and reality: An essay in autobiography. Bles, London, 1950.
  • M. A. Vallon. An apostle of freedom: Life and teachings of Nicolas Berdyaev. Philosophical Library, New York, 1960.

Pranala luar