Dinitrogen monoksida: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
7 bita ditambahkan ,  10 tahun yang lalu
k
tidak ada ringkasan suntingan
k
'''Nitrogen dioksida''', dikenal luas sebagai '''gas tertawa''', adalah [[senyawa]] kimia dengan [[rumus kimia|rumus]] N<sub>2</sub>O. Pada [[suhu|suhu ruang]], ia berwujud [[gas]] tak berwarna dan tidak flamabel (tidak mudah meledak). Apabila dihirup atau dicecap terasa sedikit aroma dan rasa [[manis]].
 
Nitrogen Dioksidadioksida juga dipakai dalam ([[Mobilmobil balap]]) balap yang disebutdikenal sebagai [[NOS, atau]] (Nitrous Oxide System). Dalam NOS, nitrogen dioksida dapat mempercepat kecepatan mobil dan mendorong proses pembakaran pada mesin.
 
Gas ini dipakai luas dalam pembiusan ([[anestesi]]) dan pematirasaan (analgesik). Sebutan "gas tertawa" merujuk pada efek kegirangan (euforia) yang dialami manusia apabila menghirupnya, sehingga dulu pernah digunakan sebagai halusinogen rekreatif (hiburan). Pada suhu tinggi, N<sub>2</sub>O memiliki perilaku [[oksidator]] sekuat [[oksigen]], sehingga dipakai dalam pembakaran [[roket]] dan motor balap untuk meningkatkan tenaga yang dikeluarkan mesin. Gas ini juga menjadi penanda bagi [[ranjau]] atau peledak lainnya yang gagal atau belum meledak.

Menu navigasi