Tembikar glasir bening: Perbedaan revisi

Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
tidak ada ringkasan suntingan
[[Berkas:Faience Plate Traditional.jpg|thumb|260px|<center>Bahan keramik berkualitas tinggi (''[[maiolica]]'') dalam pola tradisional, yang dibuat di [[Faenza]].</center>]]
 
'''Faience''' atau '''faïence''' ([[bahasa Perancis]]) adalah istilah dalam [[bahasa Inggris]] untuk barang-barang tembikar berkualitas tinggi serta mengkilat di bagian luarnya, dan seringkali diasosiasikan dengan kota [[Faenza]], bagian [[utara]] dari [[Italia]].<ref>Untuk penjelasan lebih jelas dan detail, bisa dibaca di [[Tin-glazed earthenware]]; baca Alan Caiger-Smith, [[1973]]. ''Tin-Glazed Pottery'' ([[London]]: Faber and Faber).</ref> Penemuan tembikar berwarna putih dan mengkilat sangatyang cocok untuk dijadikan tempat untuk lukisan dekorasi, dengan menambahkan zat ''[[stannous oxide|oxide of tin]]'' untuk memberikan efek mengkilat, adalah bagian sejarah yang penting dari tembikar. Penemuan ini, pertama kali dilakukanberasal didari [[Iran]] atau [[Timur Tengah]] sebelum abad ke-[[2000|19]]. Sebuah tempat pembakaran tembikar mampu untuk menghasilkan pembakaran dengan temperatur lebih panas dari 1.000 derajat Celcius, suhu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil terbaik pembuatan barang tembikar berkualitas tinggi, yang sudah diwariskan berturun-turun temurun dalam peradaban mereka.
 
Secara teknis, ''lead-glazed earthenware'', seperti tembikar yang ditemukan dari peradaban [[Perancis]] di abad [[1700|16]] ''[[Saint-Porchaire ware]]'', tidak masuk dalam kualitas '''faience'''.

Menu navigasi